Inilah 5 Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

By Categories : Tips

Sebagai ibu tentu pernah mengalami yang namanya anak susah makan. Biasanya anak kecil sering rewel dan susah untuk makan. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya para ibu membujuk dan merayunya agar sang anak mau makan. Ketika mereka mau makan dengan cara disuapi, sering dari mereka sambil bermain atau lari-larian. Hal tersebut tentunya membuat sang ibu merasa pusing. Namun sebagai seorang ibu harus pandai bagaimana cara membuat anak untuk mau makan. Sebagai informasi untuk mengatasi anak susah makan, sebaiknya memerlukan beberapa trik dan cara jitu berikut ini!

Inilah 5 Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

Berikut Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

Menyajikan Makanan Lebih Bervariasi

Menyajikan makanan yang sudah divariasi merupakan salah satu cara jitu mengatasi anak susah makan. Cara ini efektif dikarenakan sang anak akan tertarik dengan makanan yang sudah divariasi. Apalagi anak memiliki cara unik untuk makan dibandingkan dengan orang dewasa. Jangan lupa tetap menambahkan menu bergizi yang terdiri dari sayuran, telur, dan juga bahan makanan lainnya. Dengan adanya menu variasi ini menghindarkan anak dari rasa bosan terhadap makanan yang dikonsumsi.

Mengetahui Makanan Kesukaan Anak

Tidak ada salahnya jika sang anak diberikan makanan kesukaan mereka asalkan makanan tersebut sehat ketika dikonsumsi. Misal saja sang anak menyukai naget atau telur, sebaiknya ibu memberikan makanan tersebut pada anak. Dengan begitu anak lebih bersemangat ketika makan. Jangan lupa juga untuk menyelipkan sayuran pada menu makanan, agar nutrisi pada sayuran dapat terserap dengan baik.

Membuat Menu Makanan dengan Bentuk yang Unik

Selain variasai pada menu makanan, jangan lupa juga untuk membuat bentuk makanan semenarik mungkin. Anak biasanya akan tertarik dengan hal-hal unik dan lucu. Untuk itu para ibu bisa membentuk menu makanan menjadi sebuah bentuk yang unik, misal saja menyerupai wajah panda, dan lain sebagainya. Untuk membentuk makanan menjadi unik para ibu bisa berkreasi sendiri atau menggunakan cetakan khusus untuk makanan agar lebih menarik.

Menghindari Makan Sambil Main

Cara jitu mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah menghindari makan sambil main. Untuk cara yang satu ini sebaiknya dilakukan sejak anak masih usia dini. Biasanya anak minta disuapi ketika mereka makan, namun hal yang sebaiknya dihindari adalah makan sambil main. Pasalnya ketika sang anak disuapi makan dan mereka sambil main seperti lari-larian justru memperbesar resiko mual. Untuk itu sebaiknya sang ibu bisa mengalihkannya dengan membiasakan makan di meja makan dengan disuapi atau juga bisa sambil nonton acara khusus anak di televisi.

Memilih Menu Makanan yang Dapat Menambah Nafsu Makan

Jangan lupa juga untuk memperhatikan menu makanan yang dapat menambah nafsu makan pada anak. Hal ini bertujuan untuk merangsang sang anak yang mulanya susah makan terdorong untuk mau makan. Adapun makanan yang bisa menambah nafsu makan pada sang anak seperti makanan yang mengandung banyak serat, susu sapi, keju, buah berry, yogurt, dan bisa juga krim pisang dengan tambahan madu.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 5 cara jitu mengatasi anak susah makan yang perlu Ada ketahui. Untuk anak yang masih balita, Anda juga harus pintar-pintar memilih menu makanan.

Simak artikel berikut mengenai Resep makanan sehat untuk anak balita.