Ini Dia Cara Sehat Minum Kopi

By Categories : Tips

Bagaimana cara sehat minum kopi? – Banyak orang menyukai si hitam yang mengandung kafein ini, tapi tidak banyak orang yang menuruti keinginan untuk meminum kopi karena takut akan efek samping yang tidak bagus. Namun, perlu diketahui bahwa semua memiliki manfaat dan kerugian jika dikonsumsi dengan kadar tertentu.

Ada beberapa cara sehat minum kopi, tapi sebelum itu kita harus megetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam kopi, manfaat, dan efek buruk mengkonsumsi kopi.

Kandungan yang terdapat di dalam kopi berupa kafein yang merupakan senyawa kimia alkaloid sebagai trimetilsantin, zat kafein di dalam kopi sebanyak 1% sampai 1.5%.

Cara Sehat Minum Kopi

Tips Sehat Minum Kopi

Tidak dianjurkan minum kopi apabila,

  1. Merasa gelisah setelah minum kopi.
  2. Memiliki gangguan pencernaan.
  3. Ingin buru buru merokok(kopi tidak dianjurkan didampingi rokok).
  4. Sedang mengkonsumsi obat flu atau sakit kepala, karena obat flu atau sakit kepala memiliki kandungan kafein juga.

Manfaat kopi,

  1. Kopi dapat memicu otak berfikir positif.
  2. Kopi mencegah penyakit jantung atau stroke.
  3. Kopi menghambat penurunan fungsi kognitif.
  4. Kopi mencegah penyakit kanker dan diabetes.
  5. Kopi mencegah kanker mulut dan melindungi gigi.
  6. Kopi sebagai pembangkit stamina dan energy.
  7. Kopi mengurangi sakit kepala.
  8. Kopi dapat mengatasi perubahan suasana hati dan depresi.

Efek buruk kopi,

  1. Mengakibatkan jantung berdebar.
  2. mengakibatkan hipertensi.
  3. mengakibatkan insomnia.
  4. Resiko keguguran bagi wanita hamil.

Nah, setelah mengetahui kandungan manfaat dan efek buruknya selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara sehat minum kopi,

  1. Dosis

Sejauh ini belum diketahui pasti tentang berapa dosis yang tepat, tetapi meminum kopi 1 sampai 3 cangkir kopi per hari tidak memberikan efek pada orang sehat.

  1. Sinyal bahaya

Kita harus tahu sinyal bahaya yang menandakan kapan kita harus berhenti mereguk kopi, sinyal bahaya tersebut seperti jantung berdebar, gangguan tidur, dan gangguan mood (seperti perubahan emosi dari senang ke marah secara tiba tiba), seseorang yang peminum kopi jika menghentikan kebiasaan minum kopi biasanya akan mengalami sakit kepala berdenyut denyut. Tapi jangan khawatir karena hal itu akan berakhir selama 24 sampai 48 jam.

  1. Dengarkan respon tubuh

Cara yang paling baik adalah mendengar respon tubuh sendiri, bagaimana seharusnya kita mengkonsumsi kopi mengganggu atau tidak untuk tubuh kita. Ada yang meminum 2 cangkir dan tidak memberikan efek buruk ada yang minum 2 cangkir mengalami efek buruk. Ada yang meminum 1 cangkir sehari tidak tidur semalaman, ada juga yang meminum 1 cangkir sehari langsung tidur pulas.

  1. Kenali kandungan kafein

Setelah mengetahui respon tubuh, yang perlu diketahui lagi adalahh jumlah kafein dalam produk yang kita konsumsi, jangan sampai kita mengkonsumsi kafein yang berlebih.

  1. Kopi susu

5 miligram kalsium hilang untuk setia 6 ons kopi yang dikonsumsi, untuk itu ada baiknya menambahkan 2 sendok susu untuk mengganti kalsium yang hilang. Dan tidak dianjurkan meminum kopi dengan alkohol.

  1. Yang tidak diperbolehkan minum kopi

Wanita hamil, anak anak, orang tua, memiliki penyakit jantung.

  1. Check up

Untuk mengetahui tekanan darah, untuk mengantisipasi penindaklanjutan.