Ingin Terkenal Seperti Edward Snowden, Pria Ini Malah Masuk Bui

By Categories : Berita

Matthew Todd Miller, Foto Reuters.com

Seorang warga Amerika Matthew Todd Miller masuk penjara di korea utara selama 6 tahun gara – gara dirinya pura-pura memiliki informasi rahasia AS, seperti lansir laman reuters.com 20/09/14.

Matthew Miller seorang pemuda berusia 25 tahun yang beralas dari Bakersfield, California, menurut media pemerintah Korea Utara tersebut telah menyiapkan kisahnya yang ditulis dalam buku catatan bahwa ia mencari perlindungan setelah gagal dalam upaya untuk mengumpulkan informasi tentang pemerintah AS.

“Dia melakukan tindakan ini atas harapan ingin menjadi pria terkenal di dunia dan menjadi Snowden kedua melalui hooliganisme yang disengaja,” kata KCNA,

Tindakanya tersebut mengacu pada mantan kontraktor intelijen AS Edward Snowden, yang merupakan orang paling dicari oleh Amerika Serikat karena membocorkan rahasia program pengawasan tersebut.

“Ini merupakan penghinaan dan ejekan bagi DPRK (Democratic People’s Republic of Korea) karena itu ia, pantas menerima hukuman,” kata KCNA,

Miller ditangkap ketika ia merobek-robek visa turis yang digunakan untuk memasuk ke negara tersebut pada bulan April, menurut media pemerintah dia dijatuhi hukuman enam tahun kerja paksa oleh pengadilan Korea Utara hari Minggu lalu.

Menurut media Pemerintah Hasil penyelidikan menjelaskan bahwa ia melakukan tindakan tersebut bukan karena kurangnya pemahaman dan psikopatologi, tetapi dia sengaja melakukan tindakan pidana tersebut untuk tujuan langsung masuk penjara karena ada upaya untuk bertemu dengan missionary Amerika Kenneth Bae yang sebelumnya di vonis penjara selama 15 tahun.