Hindari ISIS, Sebanyak 45 Ribu Warga Suriah Mengungsi

By Categories : Berita

 Demi menghindari serangan kelompok yang mengatas namakan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang sekarang mengubah nama kelompoknya menjadi NI atau negara islam, sebanyak 45 ribu warga Kurdi Suriah pergi menyeberangi perbatasan untuk mengungsi ke negara Turki, pada Jumat malam 19/9/2014.

Hal tersebut terpaksa mereka lakukan karena kelompok negara islam (ISIS) sebelumnya telah menyita puluhan desa dalam serangan kilat di Kota Ain al-Arab, Suriah.

Menurut wakil perdana mentri turki Numan Kurtulmus, Mereka telah berkumpul di perbatasan sejak Kamis lalu. Sebelumnya, sekitar 4.000 warga Kurdi Suriah, kebanyakan dari mereka perempuan, anak-anak dan orang tua juga menyeberang ke Kota Dikmetas, Turki selatan. Menurutnya Turki siap untuk memasukkan lagi pengungsi lebih besar. “Kami siap untuk kedua kasus terburuk dan skenario terbaik,” imbuhnya.

Numan Kurtulmus juga mengatakan “Tidak satupun negara di dunia dapat menghadapi 45.000 pengungsi dalam semalam, menyelamatkan mereka dan memberikan perlindungan,” Ini membuktikan betapa kuatnya Turki,”

Turki, yang berbagi perbatasan dengan Irak dan Suriah, telah menerima lebih dari 847.000 pengungsi sejak pemberontakan terhadap Presiden Suriah, Bashar al-Assad dimulai tiga tahun silam. seperti di kutip bbc indonesia.