Hindari 5 Kesalahan dalam Memasak Sayur Berikut ini!

By Categories : Kesehatan

Sayuran mengandun banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat. Selain untuk kesehatan terdapat beberapa jenis sayuran yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit agar tetap cantik. Biasanya sayuran tersebut mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Mengonsumsi sayur sering juga digunakan oleh sebagian orang untuk menurunkan berat badan.

Hindari 5 Kesalahan dalam Memasak Sayur Berikut ini!

Namun terdapat beberapa hal kesalahan yang biasa orang lakukan dalam mengolah sayur. Sayur yang diolah dengan cara yang salah justru akan kehilangan kandungan nutrisi di dalamnya. Mulanya memiliki banyak nutrisi menjadi minim akan nutrisi akibat cara pengolahan yang salah. Agar tetap mendapatkan banyak nutrisi dari sayur, sebaiknya hindari 5 kesalahan dalam memasak sayur di bawah ini!

Berikut Kesalahan Dalam Memasak Sayur yang Perlu Dihindari

Terlalu Lama Waktu Memasak

Salah satu hal yang perlu dihindari saat memasak sayur adalah waktu yang terlalu lama ketika memasak. Memasak berbagai jenis sayuran sebaiknya tidak boleh terlalu lama. Semakin lama waktu memasak secara langsung warna dari sayuran akan memucat, sehingga menjadi lembek. Di sisi lain nutrisi yang terkandung dalam sayuran juga akan berkurang banyak. Terlebih lagi jika sayuran dimasak dengan cara direbus.

Salah dalam Menggunakan Jenis Minyak

Kesalahan dalam memasak sayur berikutnya adalah salah dalam menggunakan minyak. Biasanya kesalahan orang dalam memasak sayur adalah dengan menggunakan banyak minyak. Lemak tak jenuh dalam minyak justru akan mengurangi kandungan nutrisi pada sayur. Oleh sebab itu ketika menumis sayuran, sebaiknya kurangi penggunaan minyak untuk mendapatkan manfaat dari sayuran.

Mengupas Sebelum Mengolah

Kulit pada beberapa jenis sayur justru memiliki nutrisi lebih dibandingkan dengan dagingnya. Sebagai contoh sayuran kentang memiliki kandungan zat besi pada kulitnya. Oleh sebab itu disarankan ketika memasak kentang mencuci bersih dan tidak mengupas bagian kulitnya. Selain zat besi kulit kentang juga mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Memanggang Sayuran

Sayuran yang dipanggang memiliki cita rasa tersendiri, sebagai contoh beberapa jenis sayuran dipanggang ketika membuat barbekyu. Yang perlu Anda perhatikan adalah ketika memanggang sayuran jangan sampai terlalu lama. Pasalnya ketika terlalu lama sayuran akan gosong, secara medis makanan yang gosong mengandung zat karsinogenik yang merupakan zat yang dapat memicu penyakit kanker dalam jangka waktu lama. Selain itu perhatikan juga media untuk memanggang, pilihlah bahan stainless steel pada alat panggangan.

Memasak pada Suhu yang Panas

Kesalahan dalam memasak sayur yang terakhir adalah memasak dengan suhu yang terlalu panas. Tidak hanya memasak terlalu lama yang menyebabkan nutrisi pada sayuran berkurang, memasak sayur dengan suhu panas lebih juga menyebakan nutrisi pada sayuran berkurang. Suhu terlalu panas akan menyebabkan sayur menjadi layu yang mengakibatkan kurang begitu bermanfaat bagi tubuh. Untuk itu sebaiknya gunakan api kecil untuk memasak sayur, apalagi sayur biasanya akan cepat matang ketika di masak.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 5 kesalahan dalam memasak sayur yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan manfaat optimal pada sayur. Baca juga Makananyang baik dikonsumsi saat hamil.