Hewan Tercepat di Dunia yang Hidup di Darat

By Categories : Umum

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki berbagai jenis dengan keunikan sendiri-sendiri. Setiap jenis hewan memiliki pertahanan diri yang beragam. Ada banyak Hewan dengan kemampuan unik untuk mempertahankan diri, sebagai contoh bunglon mempertahankan dirinya dengan cara merubah warna kulit menyerupai batang pohon untuk mengelabuhi dirinya, cumi-cumi yang mengeluarkan tinta, dan lain sebagainya.

Hewan Tercepat di Dunia

Selain itu ada juga hewan yang memliki kemampuan lari paling cepat di dunia. Hewan tersebut hidup di daratan dengan kemampuannya tersebut untuk menghindari predator atau untuk menangkap mangsa. Uniknya kecepatan yang dimiliki dikombinasikan dengan kelincahan serta kekuatan yang dimiliki. Nah langsung saja di bawah ini terdapat beberapa hewan tercepat di dunia yang tinggal di daratan.

Berikut Hewan Tercepat di Dunia

Cheetah

Cheetah merupakan salah satu hewan paling cepat di dunia yang hidup di daratan. Hewan karnivora ini mampu berlari sampai dengan kecepatan maksimum 112 sampai dengan 120 km/jam. Cheetah biasanya berlari untuk menangkap mangsanya. Dengan otot-otot yang dimiliki membuat Cheetah mampu berlari kencang dengan kelincahan yang dimiliki. Akan tetapi hewan ini mampu berlari cepat dengan waktu yang relatif singkat.

Pronghorn (Sebangsa Kijang)

Hewan tercepat berikutnya adalah pronghorn atau sebangsa dengan kijang. Hewan ini memiliki organ jantung dan paru-paru yang cukup besar, sehingga membuat kemampuan larinya cukup cepat dengan kecepatan maksimum mencapai 88,5 km/jam. Hewan ini mampu berlari cepat dengan kurun waktu yang cukup lama.

Springbok (Antelop)

Hewan tercepat di dunia yang ketiga adalah Springbook atau sejenis dengan antelop. Hewan ini mampu berlari sampai dengan kecepatan 88 km/jam dengan kemampuan meloncat sejauh 3,5 meter dengan sekali lompatannya. Springbok (Antelop) selain cepat juga memiliki kelincahan dengan waktu lari yang relative lama dibandingkan dengan cheetah.

Willdebeest

Willdebeest merupakan hewan sejenis banteng dengan memiliki kemampuan lari yang cepat ditambah dengan kekuatan yang besar. Willdebeest mampu berlari sampai dengan kecepatan 80,5 km/jam. Willdebeest perlu berlari cepat untuk menghindari para predator yang akan memangsannya. Hewan ini biasa hidup berkelompok dengan sesame Willdebeest.

Blackbuck (Rusa Jantan)

Hewan ini tergolong sebagai rusa jantan yang memiliki warna unik pada bagian tubuhnya yakni warna hitam serta putih. Blackbuck (Rusa Jantan) mampu berlari dengan kecepatan maksimum sampai dengan 80 km/jam. Hewan ini memiliki tanduk dengan panjang dapat mencapai 79 cm dengan kelincahan saat berlari.

Singa

Hewan tercepat di dunia berikutnya adalah singa. Selain terkenal sebagai raja hutan, singa juga memiliki kemampuan berlari yang cukup cepat. Tercatat bahwa singa mampu berlari dengan kecepatan maksimal 50 mil/jam atau sekitar 80 km/jam. Sama seperti cheetah, hewan predator ini memiliki waktu relative singkat ketika mereka berlari cepat.

Kuda

Kuda tidak hanya terkenal dengan kekuatannya saja tetapi hewan yang dimanfaatkan manusia berkat tenaganya ini juga memiliki kemampuan berlari dengan kecepatan maksimal sampai 76 km/jam. Hewan ini memang terkenal dengan tenaga besar serta cepat dalam berlari. Oleh sebab itu banyak jenis kuda yang dijadikan sebagai pacuan kuda.

Nah itulah tadi beberapa hewan tercepat di dunia yang perlu Anda ketahui. Adapun hewan lainnya seperti coyote (sejenis anjing di Amerika Utara dan Tengah) dengan kemampuan berlari sampai dengan 69,2 km/jam.

Baca juga artikel mengenai Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Loading...