Hewan dengan Kemampuan Unik untuk Mempertahankan Diri

By Categories : Umum

Di dunia ini terdapat berbagai jenis hewan yang memiliki kemampuan unik. Kemampuan tersebut digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan predator lain yang membahayakan dirinya. Di antara banyaknya jenis hewan dengan segala kemampuan yang dimilikinya, ternyata terdapat beberapa hewan yang memiliki kemampuan unik untuk melindungi dirinya. Penasaran apa saja hewan dengan kemampuan unik tersebut? Yuk langsung saja ketahui pembahasannya di bawah ini!

Hewan dengan Kemampuan Unik

Berikut Hewan dengan Kemampuan Unik

Tokek

Tokek merupakan salah satu hewan yang dapat menempel pada tembok. Hewan ini dapat disebut dengan hewan anti gravitasi yang tidak jatuh. Ini dikarenakan tokek memiliki kaki yang kuat, sehingga mampu menempel pada tembok atau objek lainnya. Pada kaki tokek memiliki helai rambut mikroskopis yang biasa disebut dengan setae. Tokek maupun kadal memiliki kryptonite yang mampu menempel dengan kuat bahkan pada wajan Teflon sekaligus.

Gurita

Hewan yang kedua adalah gurita, gurita merupakan hewan laut yang memiliki kemampuan unik untuk mempertahankan dirinya. Kemampuan gurita ini dapat dikatakan yang menjadi terbaik di alam. Kemampuan gurita ini adalah menyamarkan dirinya pada bebatuan laut. Kamuflase pada gurita mampu mengelabuhi hewan predator yang akan memangsa diriya. Selain itu gurita juga memiliki kemampuan hebat lainnya seperti menyemprotkan tinta pada musuhnya sehingga dirinya dapat melarikan diri dengan cepat.

Bunglon

Jika gurita dapat melakukan kamuflase di air, hewan yang dapat melakukan kamufllase di darat adalah bunglon. Bunglon mampu menyesuaikan warna tubuhnya dengan lingkungan di sekitarnya secara cepat. Kemampuan inilah yang membuat bunglon sebagai hewan dengan kemampuan unik di darat. Biasanya bunglon dapat merubah warna pada kulitnya seperti hitam, hijau, coklat, bahkan sampai warna pink sekaligus. Sel khusus pada kulit bunglon disebut dengan kromatofora yang akan menyulitkan predator.

Cheetah

Cheetah dapat dikatakan sebagai hewan paling cepat di darat. Hewan ini memiliki kemampuan unik dan luar biasa dalam hal kecepatan yang dimilikinya. Cheetah mampu berlari dengan kecepatan tinggi yakni o sampai dengan 96 km per jam hanya dicapai dalam waktu 3 detik saja. Dengan kecepatan, akselerasi, dan kelincahan dari cheetah membuat hewan ini sangat sulit untuk ditaklukkan dalam hal kecepatan.

Falcon

Jika cheetah merupakan hewan tercepat di darat, burung falcon sejenis elang menjadi hewan paling cepat di udara. Burung jenis peregrine falcon mampu terbang sampai dengan kecepatan 320 km per jamnya. Burung ini termasuk burung karnivora dengan memangsa bebek, kelelawar, kelinci, dan juga tikus.

Lumba-Lumba

Lumba-Lumba memiliki kemampuan unik seperti dapat berkomunikasi dengan manusia. Hewan mamalia yang termasuk dalam hewan sosial ini bersahabat dengan manusia. Lumba-lumba memiliki kemampuan deteksi pada frekuensi paling tidak 10 kali lipat apa yang didengar oleh manusia. Pendengaran pada lumba-lumba tersebut dapat dikatakan sebagai pendengaran ultrasonic atau di atas 20.000 Hz.

Nah itulah tadi beberapa hewan dengan kemampuan unik yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Kisah kesetiaan hewan terhadap psangannya.

terms: cara kelinci melindungi diri dari musuh, cara mempertahankan diri kelinci, hewan dengan kemampuan unik, kelinci melindungi diri dengan cara, kemampuan unik pada hewan