Hemoglobin Rendah Pada Ibu Hamil? Berikut Cara Terbaik Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Hemoglobin rendah pada ibu hamil adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Nah bagi Anda yang sedang hamil, sebaiknya simaklah ulasan berikut ini. Karena kali ini akan menjelaskan mengenai cara mengatasi Hb yang rendah pada ibu hamil.

Hemoglobin (Hb) adalah protein yang mengandung zat besi di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Tak hanya itu saja hemoglobin juga berfungsi sebagai pengusung karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk dihembuskan keluar. Kadar normal hemoglobin di dalam tubuh umumnya 12 hingga hingga 16 dr/dL. Jika hemoglobin di bawah 12 mg/dL maka terkena anemia atau kurang darah.

Perlu diketahui bahwa selama kehamilan kadar hemoglobin dalam tubuh diharapkan selalu normal. Sebab jika tidak, maka dikhawatirkan ibu hamil akan mengalami beberapa risiko kesehatan seperti anemia, infeksi bahkan pendarahan. Tak hanya itu saja, rendahnya Hb dalam tubuh juga dapat membuat tubuh mudah capek, lemas, letih, lesu, mengantuk, mata berkunang-kunang dan juga pusing.

Tentu saja gangguan tersebut tak hanya dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil saja, janin yang ada di dalam kandungan pun berisiko tinggi terhambat pertumbuhannya, lahir prematur, pendarahan, hingga ibu hamil mengalami keguguran. Mengingat risiko yang ditimbulkan sangatlah berbahaya, oleh karena itu sangat penting sekali mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya. Untuk mengetahui cara yang tepat dalam mengatasinya, simak saja ulasan berikut ini.hemoglobin rendah pada ibu hamil

Cara Terbaik Mengatasi Hemoglobin Rendah Pada Ibu Hamil

Mengonsumsi Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin

Ketika Hb dalam tubuh rendah, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan untuk meningkatkan Hb tersebut.  Nah berikut adalah beberapa daftar makanan yang dapat menaikkan Hb dalam darah:

  • Sayuran hijau: brokoli, bayam, sawi hijau, kubis, buncis dan lainnya.
  • Daging merah: daging sapi, daging kambing, telur ayam dan hati ayam.
  • Buah-buahan: stroberi, anggur, tomat, semangka, jeruk, alpukat, pisang dan apel.
  • Rempah-rempah: kayu manis, oregano, jintan hitam, kemangi, kunyit dan jahe.
  • Buah kering: kurma, kismis, plum dan aprikot.
  • Cokelat hitam
  • Kacang-kacangan: kacang pinto, kacang almon dan lainnya.

Nah itulah beberapa makanan yang dapat menaikkan Hb dalam darah. Makanan tersebut kaya akan zat besi, yang merupakan  elemen penting untuk membentuk sel darah merah. Selain itu, zat besi juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga inilah penyebab dan pencegahan anemia pada ibu hamil

Mengurangi Makanan Penghambat Penyerapan Zat Besi

Selain mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan hemoglobin, Anda juga harus mengurangi makanan yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Percuma jika mengonsumsi makanan peningkat Hb juga makanan yang dapat menghambat penyerapan zat besi ikut serta dikonsumsi. Umumnya ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan hal ini yaitu zat tanin yang ada pada teh dan polifenol yang ada pada kopi serta teh.

Tak hanya itu saja oksalat yang terkandung pada batang bayam serya fosfat ada kulit padi juga dapat menghambat penyerapan zat bezi dalam tubuh. Cara terbaik mengatasi hemoglobin rendah pada ibu hamil adalah dengan memperhatikan cara menyajikan makanan yang tepat agar zat besi bisa terserap sempurna.

Caranya adalah dengan menghidangkan salad segar dengan sayuran hijau dengan irisan daging  atau salmon panggang. Sedangkan bagi Anda penggemar sayur bayam, Anda bisa membuang batang atau tangkai bayam yang terlalu besar. Sebab batang bayam kaya oksalat yang bisa menghambat penyerapan zat besi, yang terkandung pada bagian daunnya.

Mengonsumsi Makanan Pembantu Penyerapan Zat Besi

Cara berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi adalah daging, ikan, asam laktat, vitamin C dan juga sam sitrat. Oleh karena itu mulailah mengonsumsi beberapa makanan tersebut agar penyerapan zat besi bisa lebih sempurna, dan Hb pun dapat kembali normal.

Istirahat Cukup

Selain melakukan beberapa hal di atas, istirahat cukup juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan Hb yang rendah. Sebenarnya tak hanya ibu hamil saja, setiap orang juga harus memiliki kualitas tidur yang baik agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Khusus bagi ibu hamil, pastikan Anda tidak melakukan beragam aktivitas yang menguras tenaga. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari kelelahan.

Hindari Suplemen Zat Besi

Banyak orang yang ingin kembali sehat dan bugar dengan cara yang instan. Dan salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan mengonsumsi suplemen. Padahal mengonsumsi suplemen asal-asalan tanpa resep dokter justru sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Baca juga daftar makanan yang mengandung zat besi

Nah sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi hemoglobin rendah pada ibu hamil? Jika keluhan hemoglobin rendah Anda tak kunjung membaik, sebaiknya segeralah konsultasikan masalah ini pada dokter.