Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Pada saat hamil terdapat banyak resiko yang dapat menimbulkan berbagai hal berbahaya. Oleh karena itu para ibu hamil harus menghindari beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan saat sedang hamil. Ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh wanita yang sedang hamil. Salah satu cara yang harus dilakukan selain menghindari pantangan saat hamil adalah dengan menjaga kesehatan tubuh.

Ketika masa kehamilan tentu saja para wanita ingin menjaga kesehatan tubuhnya serta menjaga kesehatan janinnya. Nah di bawah ini terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil. Apa sajakah itu? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Berikut Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil

Larangan pertama yang tidak boleh dilakukan ketika hamil adalah mengonsumsi alkohol. Alkohol merupakan minuman berbahaya yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Alkohol tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil termasuk siapa saja. Efek dari mengonsumsi minuman beralkohol diantaranya berkurangnya daya pemikiran otak, lebih agresif, cacat, serta resiko berbahaya lainnya.

Yang tidak boleh dilakukan ketika hamil adalah merokok. Merokok tidak baik untuk kesehatan tubuh. Untuk ibu yang sedang hamil merokok atau terkena asap rokok memang harus dihindari. Seperti yang kita ketahui bahwa asap rokok dan merokok dapat menimbulkan efek buruk pada tubuh. Dampak yang ditimbulkan oleh rokok dan asapnya adalah seperti gangguan janin, resiko terkenan serangan jantung, kanker, dan bahaya lainnya.

Hal berikutnya yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil adalah rasa stress. Stres pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan pada janin. Lebih bahayanya lagi stress pada ibu hamil dapat menyebabkan resiko keguguran. Oleh sebab itu untuk ibu hamil sebaiknya menghindari resiko stress dengan cara mengikuti program khusus yang diprioritaskan untuk ibu hamil.

Hal berikutnya yang perlu dihindari adalah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Untuk ibu hamil minum kopi sebaiknya harus dihindari. Ini dikarenakan zat yang terkandung dalam kopi seperti kafein tidak baik untuk janin.

Hal berikutnya adalah melakukan program diet yang berlebih. Janin pada ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi dari makanan sehat. Jika program diet dilakukan pada saat hamil, otomatis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga terhambat. Ini akan mempengaruhi pertumbuhan dari janin itu sendiri. Oleh sebab itu sebaiknya ibu hamil muda memperhatikan yang satu ini serta mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Untuk buah nanas sebaiknya dihindari saat ibu sedang hamil.

Terkena paparan sinar radiasi. Ibu yang sedang hamil muda sebaiknya menghindari paparan cahaya radiasi dalam waktu yang lama. Sinar radiasi yang dimaksudkan adalah saat melakukan foto rontgen. Selain tidak boleh terlalu lama terkena sinar rontgen, ibu hamil juga harus memperhatikan kegiatan yang dilakukan. Jangan terlalu capek saat melakukan kegiatan, untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil yang perlu diperhatikan.