Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Presentasi

By Categories : Umum

Proses presentasi dilakukan mulai dari kalangan pelajar sampai dengan mereka yang sudah bekerja di perusahaan. Proses presentasi sebaiknya dilakukan dengan jelas dan akurat, agar para pendengar mampu menangkap apa yang disampaikan dalam presentasi. Tujuan dari proses presentasi adalah untuk menjelaskan secara detail mengenai ide atau sebuah pembahasan topik yang telah ditentukan sebelumnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Presentasi

Biasanya pada proses presentasi pada perusahaan harus dilakukan secara matang agar proses dapat berjalan lancar dan baik. Proses presentasi ini sangat menentukan sekali apakah pihak perusahaan setuju dengan gagasan yang dibuat tersebut atau tidak. Untuk itu dalam melakukan proses presentasi formal sebaiknya perlu mengetahui hal-hal khusus di bawah ini agar tidak terlihat monoton dan kurang menarik.

Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Presentasi

Perhatikan Materi Dalam Presentasi

Materi dalam presentasi sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum hari H. Hal ini bertujuan agar benar-benar siap pada saat melakukan presentasi berlangsung. Usahakan agar materi tetap selaras dan nyambung dengan topik pembicaraan. Dengan begitu akan mengurangi resiko kesalahan seperti keluar dari topik pembahasan yang terkadang sering terjadi saat presentasi.

Perhatikan Waktu Dalam Proses Presentasi

Memperhatikan waktu yang diberikan untuk menyampaikan gagasan menjadi hal yang perlu diperhatikan saat presentasi. Waktu ini sangat berpengaruh sekali pada hasil presentasi yang Anda lakukan. Dengan mengetahui berapa lama waktu yang diberikan kepada Anda untuk presentasi, maka Anda harus pandai mengira-ngira agar berjalannya presentasi tidak terlalu lama. Dengan memperhatikan waktu proses presentasi harus selesai pada waktu yang telah diberikan.

Perhatikan Agar Tulisan Harus Jelas

Dalam pembuatan slide dalam presentasi sebaiknya memperhatikan agar tulisan dapat terlihat jelas dari sudut pandang manapun. Untuk hal yang satu ini sangat perlu diperhatikan mengenai kesuksesan dalam presentasi Anda. Dengan tulisan jelas maka orang lain dapat membaca dan mengetahui apa yang sedang Anda jelaskan. Dengan begitu proses presentasi dapat berjalan lancar dan penonton akan mengikuti jalannya presentasi. Jangan lupa juga memberikan gambar atau sedikit efek pada slide agar tidak selalu terlihat monoton.

Perhatikan Tutur Bahasa yang Digunakan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah tutur bahasa. Sebelum melakukan presentasi sebaiknya Anda mengetahui teknik komunikasi yang efektif. Anda harus melihat terlebih dahulu di mana Anda akan melakukan presentasi. Jika memang berada pada posisi formal seperti di perusahaan, sebaiknya Anda gunakan tata bahasa yang lebih baik dan formal. Hal ini jelas berbeda ketika melakukan presentasi di kalangan umum atau ibu-ibu rumah tangga, yang hanya memerlukan kata-kata sopan agar mereka lebih paham mengenai apa yang dijelaskan.

Memperhatikan Nada Suara Saat Presentasi

Hal yang perlu diperhatikan saat presentasi yang terakhir adalah dengan memperhatikan nada suara saat presentasi berlangsung. Usahakan saat presentasi jangan gunakan nada rendah dan jangan pula terlalu keras, namun dapat jelas didengarkan oleh seluruh penonton yang berada di ruangan di mana presentasi tersebut berlangsung. Perlu diingat nada tinggi saat presentasi perlu dihindari, karena akan dinilai sebagai hal yang kurang sopan.

Itulah pembahasan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat presentasi berlangsung yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel lainnya mengenai Penampilan saat melamar kerja.

Loading...
terms: jelaskan hal hal yang harus diperhatikan ketika presentasi, hal hal yang harus diperhatikan dalam presentasi, apa saja yang penting untuk diperhatikan agar presentasi berjalan dengan efektif, hal hal yang perlu di pertimbangkan dalam membuat presentasi, hal hal yang perlu diperhatikan dalam presentasi, sebutkan hal agar sebuah presentasi dapat berhasil dengan baik, hal yg perlu diperhatikan dalam presentasi, apa yang harus diperhatikan dalam presentasi, apa yang harus diperhatikan dalam membuat presentasi, yang perlu di perhatikan presentasi, apa saja yang penting untuk memperhatikan agar presentasi berjalan dengan efektif, apa saja yang harus ada dalam presentasi tentang negara negara