Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Wawancara

By Categories : Umum

Proses wawancara merupakan hal yang sangat penting dalam penentuan diterima atau tidaknya dalam bekerja. Proses yang satu ini perlu diperhatikan sangat baik bagi para pelamar. Selain pertanyaan yang sering dilontarkan oleh si pewawancara, tata bahasa tubuh juga sangat diperlukan untuk kesuksesan dalam proses wawancara. Terkadang proses wawancara menjadi suatu hal yang menakutkan bagi sebagian orang, sehingga membuatnya menjadi grogi. Namun sebenarnya dalam proses tersebut Anda perlu rileks asalkan mengetahui hal-hal penting dalam wawancara. Bagi Anda yang ingin mengetahui hal yang perlu diperhatikan dalam wawancara? Berikut ulasannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Wawancara

Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Wawancara

Jangan Lupa Jabat Tangan

Hal ini terkadang terlihat sepele, namun berjabat tangan menjadi salah satu tips wawancara kerja yang baik dan penting untuk dilakukan. Dengan berjabat tangan, maka Anda mendapatkan nilai positif dari si pewawancara. Dengan berjabat tangan, Anda akan terlihat lebih sopan dan siap melakukan perbincangan lebih detail dan serius dengan si pewawancara.

Perhatikan Batas Ruang Pribadi

hal yang perlu diperhatikan dalam wawancara selanjutnya adalah memperhatikan batas ruang pribadi Anda. Dalam kehidupan ruang pribadi perlu diketahui seperti sosial, public, dan pribadi. Biasanya si pewawancara ingin mengetahui secara jauh mengenai kepribadian Anda. Dengan begitu mau tidak mau Anda harus masuk sedikit dalam zona pribadi mengenai diri Anda yang ditanyakan oleh si pewawancara.

Memperhatikan Posisi Duduk

Dalam proses wawancara biasanya posisi duduk antara pewawancara dengan calon yang diwawancara memiliki jarak yang cukup jauh. Untuk itu sebaiknya Anda perlu menarik sedikit kursi Anda ke depan agar tidak terlalu jauh. Selain itu jangan lupa juga untuk memperhatikan posisi duduk, sebaiknya duduk dengan posisi sopan, tegak, dan jangan terlalu tegang.

Memperhatikan Bahasa Tubuh

Dalam proses wawancara, hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Usahakan jangan lakukan hal-hal yang membuat Anda terlihat gugup seperti mengepalkan tangan, garuk-garuk kepala, atau juga tubuh bergerak-gerak. Usahakan hindari gerakan-gerakan yang kurang penting tersebut, karena si pewawancara menganggap Anda kurang percaya diri dan tentunya akan mengurangi nilai positif Anda. Selain bahasa tubuh jangan lupa gunakan bahasa tubuh yang baik dan sopan.

Penting untuk Kontak Mata

Selain memperhatikan bahasa tubuh, jangan lupa untuk memperhatikan juga kontak mata. Dalam hal ini tidaklah mudah, diperlukan latihan agar terbiasa kontak mata dengan orang lain. Usahakan ketika menjawab pertanyaan dari si pewawancara, jangan lupa untuk selalu menatap mata si pewawancara dengan penuh konsentrasi.

Ketika Gugup, Menarik Napas

Hal yang terakhir adalah menarik napas ketika rasa gugup menghampiri. Rasa gugup memang bisa saja menghampiri setiap orang kapan saja, apalagi saat proses wawancara dilakukan. Hal ini dapat mengurangi konsentrasi pemikiran pada sesorang, sehingga akan kehilangan berbagai ide yang akan diungkapkan. Untuk mengatasi rasa gugup agar lebih tenang, usahakan dengan melatih pernapasan pada perut bagian bawah. Dengan begitu kepercayaan diri akan lebih meningkat, dan pikiran menjadi jauh lebih tenang.

Itulah tadi pembahasan mengenai hal yang perlu diperhatikan dalam wawancara berlangsung, jangan lupa untuk berdoa sebelum proses wawancara dilakukan. Baca juga artikel terkait lainnya Teknik komunikasi yang efektif.

terms: hal hal yang harus diperhatikan dalam wawancara, hal yang harus diperhatikan saat wawancara, sebutkan hal hal yg hrs diperhatikan dlm melakukan wawancara, apa yg harus di perhatikan dalam memperhatikan wawancara, hal hal apasaja yang perlu d perhtikan dalam wawacara