Hal yang Harus Diperhatikan Saat Negosiasi

By Categories : Umum

Negosiasi merupakan proses tawar menawar dengan cara berunding guna mencapai kesepakatan yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak atau sebuah organisasi. Negosiasi sendiri berasal dari kata Inggris negotiate dalam arti bermusyawarah, serta merundingkan. Dengan adanya proses negosiasi kerja sama menjadi semakin lebih mudah dari kedua belah pihak.

Namun dalam melakukan seni bernegosiasi diperlukan batasan-batasan agar tetap berjalan lancar dan berakhir dengan damai dan saling menguntungkan. Lalu apa saja batasan atau hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bernegosiasi? Nah untuk Anda yang ingin mengetahuinya, silahkan ikuti pembahasannya di bawah ini!

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Negosiasi

Berikut hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bernegosiasi

Mengacu Pada Tujuan yang Sedang Dinegosiasikan

Hal yang harus diperhatikan saat negosiasi yang pertama adalah mengacu pada tujuan utama yang sedang dinegosiasikan. Hasil akhir yang didapat dalam bernegosiasi menang atau kalah bukan harus menjatuhkan lawan, melainkan harus menerima dengan baik apa yang terjadi. Selain itu dalam proses bernegosiasi berlangsung sebaiknya mengacu pada tujuan dan permasalahan utama. Usahakan untuk tidak keluar dari tujuan utama, agar proses negosiasi dapat berjalan dengan lancar dan tercapai tujuan. Ada beberapa teknik komunikasi yang efektif yang dapat Anda coba.

Memisahkan Pokok Masalah

Yang kedua adalah dengan memisahkan pokok-pokok permasalahan yang sedang dinegosiasikan dengan pihak lawan. Dalam hal ini yang perlu diketahui adalah dengan memisahkan masalah pribadi dengan proses negosiasi. Ketika sedang mengalami permasalahan jangan sampai diikut sertakan dalam proses negosiasi. Hal ini dapat menghambat proses tersebut. Tidak heran jika suatu perusahaan memiliki tim untuk bernegosiasi, dengan begitu akan mengurangi konflik dengan pihak lawan.

Usahakan Tidak Bertele-Tele

Hal inilah yang terkadang tejadi pada saat proses negosiasi berlangsung. Bertele-tele akan menjadikan proses negosiasi menjadi lama dan banyak memakan waktu. Akibat yang terjadi ketika bertele-tele dalam proses ini adalah ketidak sepakatan antar kedua belah pihak yang menyebabkan proses negosiasi menjadi gagal. Selain itu faktor yang menjadi permasalahan saat bernogosiasi seperti tempat yang kurang kondusif, dan terlalu lama bertele-tele dengan membicarakan hal di luar proses negosiasi.

Memberikan Solusi pada Lawan

Hal yang perlu diperhatikan yang keempat dalam proses negosiasi adalah dengan memberikan solusi pada lawan jika mengalami kesulitan dalam proses tersebut. Usahakan untuk mencari sebuah solusi agar proses negosiasi akan tercapai. Untuk itu sebaiknya Anda mempersiapkan solusi untuk mengatasi proses negosiasi yang dapat berjalan lama.

Memperhatikan Etika

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam negosiasi adalah dengan memperhatikan etika. Biasanya negosiator harus mengetahui karakter dari lawan dengan melakukan riset terlebih dahulu. Selain itu diperlukan juga dengan memperhatikan etika dalam negosiasi. Kesuksesan dalam bernegosiasi tidak selamanya terjadi pada suatu ruangan saja, melainkan dapat berakhir sukses di lapangan golf, kapal pesiar, maupun restoran.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai hal yang harus diperhatikan saat negosiasi yang perlu diketahui.

Baca juga artikel lainnya Hal yang perlu diperhatikan saat presentasi.

loading...
terms: hal hal yang harus diperhatikan dalam negosiasi, hal hal yang harus diperhatikan dalam bernegosiasi, hal hal yang harus diperhatikan selama pelaksanaan negosiasi, ada beberapa yg harus di perhatikan dalam negosiasi, hal hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan negosiasi, hal hal yang harus di perhatikan saat negoisasi, hal hal negosiasi, hal hal apa saja yang harus diperhatikan dalam bernegoisasi, hal penting yang harus di perhatikan dalam negosiasi, hal hal yang harus di perhatikan dalam negosiasi, hal apa yang diperlukan dalam negosiasi, faktor dlm negosiasi