Gethuk Lindri Keju Spesial

By Categories : Makanan

Getuk atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan getuk, merupakan jenis makanan yang berbahan dasar utama dari ketela pohon / singkong. Getuk sendiri sering dijumpai di daerah Jawa Timur maupun Jawa tengah. Pembuatan getuk sendiri dimulai dari pengupasan singkong yang kemudian dikukus, lalu di giling dan ditambah dengan gula serta pewarna makanan. Untuk penyajian dari getuk sendiri biasanya dengan ditaburi parutan kelapa. Selain dikenal dengan makanan ringan, getuk juga memiliki beberapa macam varian. Salah satunya yaitu getuk lindri. Getuk lindri juga banyak digemari oleh banyak kalangan, karena memiliki rasa yang enak dan lembut.

getuk lindri keju spesialUntuk warna sendiri juga warna-warni serta memiliki cita rasa yang manis. Hampir sama dengan kebanyakan getuk yang lainnya, yaitu tetap menggunakan taburan parutan kelapa yang memberikan rasa gurih. Getuk lindri ini juga berbahan dasar dari singkong, dan merupakan makanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Selain memiliki rasa yang istimewa, getuk lindri ini juga memiliki satu ciri khas, yaitu pada saat penjualannya biasanya menggunakan gerobak yang biasanya juga diiringi lagu – lagu dangdut maupun tembang Jawa yang dibunyikan dengan volume keras. Jadi untuk mengetahui keberadaan penjual getuk lindri keliling ini akan sangat mudah.

Untuk pembuatannya sendiri, getuk lindri di terbuat dari singkong yang dikukus sampai benar – benar empuk. Lalu seperti halnya getuk online slots yang lain, setelah itu di tumbuk dan dicampurkan dengan gula namun ditambahkan dengan air dan ada tambahan lainnya, yaitu pemberian vanili. Selain itu, semakin berkembangnya pengetahuan sekarang getuk lindri juga terdapat berbagai macam variasi rasa, seperti getuk lindri keju, cokelat, stroberi dan lain sebagainya. Bagi anda yang ingin membuat getuk di rumah sendiri, berikut adalah salah satu resep pembuatan getuk lindri keju spesial.

Bahan yang perlu disiapkan :
• Singkong 1000 gr
• Gula pasir 200 gr
• Margarin 50 gr
• Garap 1/4 sdt
• Vanili 1/4 sdt
• Kelapa setengah tua, parut dan kukus 1/4 butir
• Keju yang di parut 150 gr
• Pewarna makanan ( warna sesuai selera ) 1/2 sdt
• Pasta cokelat 1 sdt
• Keju 100 gr ( untuk taburan )

Cara pembuatannya :
Kupas singkong terlebih dahulu, lalu cuci bersih dan potong – potong. Kukus sampai matang, lalu angkat dan lumatkan pada keadaan panas, buang serta dagingnya.
Tambahkan margarin, garam, gula pasir serta vanili, aduk terus sampai merata. Lalu masukan parutan kelapa dan keju ke dalam adonan tersebut, dan aduk terus hingga merata. Lalu bagi 2 adonan tersebut. Berikan pewarna makanan ( sesuai selera ) pada adonan, lalu untuk adonan yang satu lagi berikan pasta cokelat, aduk terus sampai merata.
Setelah itu masukan ke dalam gilingan yang digunakan khusus untuk getuk lindri. Setelah itu potong – potong sepanjang 6 cm hingga adonan habis.
Setelah habis, getuk lindri keju spesial siap di sajikan, dan jangan lupa menaburinya lagi dengan parutan keju.

terms: resep getuk lindri keju, ciri khas dari getuk lindri, ciri khas makanan gethuk