Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Buncit

By Categories : Kesehatan

Setiap orang tentu saja ingin memiliki perut langsing dan rata. Akan tetapi untuk memiliki perut langsing dan rata dibutuhkan usaha yang sangat maksimal. Selain mengonsumsi makanan sehat dan menghindari lemak jahat. Salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah dengan cara melakukan yoga dan olahraga secara teratur. Umumnya ada beberapa gerakan yoga untuk mengecilkan perut buncit yang dapat dicoba. Penasaran kan? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Buncit

Inilah gerakan yoga untuk mengecilkan perut

Bhujangasana

Yang pertama adalah gerakan bhujangasana. Tahukah Anda bahwa bhujangasana adalah salah satu gerakan yoga yang memiliki 3 manfaat sekaligus. Selain untuk mengecilkan perut buncit, gerakan yoga yang satu ini juga dapat menyembuhkan penyakit pungging serta dapat mempertahan kelenturan tulang belakang. Cara melakukannya pun sangat mudah. Ambil posisi tidur telungkup, kaki lurus dan kedua telapak tangan berada di bawah garis bahu. Tarik napas secara perlahan dan angkat badan ke arah belakang dengan kedua tangan. Ulangi gerakan ini 5 hingga 10 kali.

Tadasana

Yang kedua adalah tadasana. Jika dibandingkan dengan gerakan yoga lainnya, tadasana merupakan gerakan yoga untuk pemula yang paling mudah. Manfaat yang bisa didapatkan dari gerakan ini adalah dapat melancarkan peredaran darah, menguatkan otot bagian perut serta dapat membantu menyeimbangkan kinerja otot tubuh. caranya pun mudah yaitu Anda hanya berdiri tegak dengan menjijitkan kaki, angkat ke atas sambil menarik napas. Selain dapat membakar lemak di perut, tadasana juga merupakan gerakan yoga untuk meninggikan badan.

Dhanurasana

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dhanurasana. Meskipun  cenderung sulit untuk dilakukan, akan tetapi melakukan gerakan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain dapat mengecilkan perut buncit, gerakan yoga ini juga bermanfaat untuk memperkuat otot punggung serta dapat memberbaiki postur tubuh. Caranya berbaringlah di atas matras dengan posisi telungkup dan bengkokkan lutut ke atas dan pegang pergelangan kaki dengan tangan. Setelah itu angkat badan ke atas hingga tubuh membentuk lengkungan seperti perahu. Tahan posisi ini hingga 1 menit dan ulangi beberapa kali.

Uttanpadasana

Berikutnya adalah uttanpadasana. Tak hanya dapat membantu untuk mengecilkan perut. Gerakan yoga uttanpadasana juga bermanfaat untuk mengencengkan otot kaki serta dapat membuat kaki lebih jenjang. Caranya, berbaringlah dengan posisi telentang di atas matras dengan kaki dan tangan lurusu. Angkat kedua kaki lurus ke atas dan turunkan kaki secara perlahan.

Naukasana

Cara melakukan gerakan yoga ini pun sangat mudah. Yaitu pastikan posisi Anda telentang dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan menempel di atas matras. Setelah itu angkat tangan, kaki, bahu dan kepala secara perlahan hingga menyerupai huruf V. Kembali ke posisi awal dan ulangi 5 hingga 10 kali dalam setiap latihan.

Pavanamuktasana

Ini merupakan gerakan yoga yang paling santai karena dapat dilakukan sambil tiduran di kasur. Gerakan yoga ini juga mudah dilakukan untuk mengecilkan perut. Pavanamuktsana dapat dilakukan pada bangun atau sebelum tidur. Gerakannya cukup mudah, pertama Anda dapat berbaring di kasur atau matras dengan posisi terlentang sempurna. Kemudian angkat kepala dan tarik kaki sebelah kanan sambil menarik nafas dan cium lutut sambil menghembuskan nafas. Ganti kaki kiri, setelah itu tarik kedua kaki hingga menyentuh hidung. Anda tahan 30 detik sambil atur pernafasan. Anda dapat mengulanginya dengan sempurna.

Padahastasana

Yoga untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah padahastasana. Selain itu, gerakan yoga ini juga dipercaya dapat membuat Anda pintar. Alasannya karena yoga ini mampu memperlancar pasokan oksigen ke otak, sehingga sel-sel otak dapat bekerja lebih aktif. Cara melakukan gerakan yoga ini adalah Anda dapat mengambil posisi berdiri tegak kemudian angkat kedua tangan ke atas sambil menarik nafas, tarik tangan ke bagian bawah telapak kaki  dan hembuskan nafas. Anda dapat menahan posisi ini selama 1 menit dan ulangi beberapa kali.

Vrksasana

Ini merupakan salah satu gerakan yoga yang cukup populer saat ini. Pose vrksasana juga sering disebut dengan willow dan memiliki manfaat untuk memperkuat serta membentuk kedua sisi perut. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki yang bersentuhan dan kedua tangan berada di sisi badan. Letakkan telapak kaki kiri ke sisi dalam aha kanan hingga kaki kiri membentuk sudut 45 derajat. Tarik kedua tangan ke bagian depan dada sampai telapak tangan menempel dan tahan 2 kali hembusan nafas. Di hembusan nafas ketiga, rentangkan tangan ke bagian atas hingga tangan terbuka. tarik nafas dan luruskan badan kembali. Dan yang terakhir adalah lakukan gerakan tersebut kembali dengan kaki sebaliknya.

Demikianlah ulasan mengenai gerakan yoga untuk mengecilkan perut buncit. Anda dapat melakukannya rutin setiap hari agar lebih efektif. Selain baik untuk mengecilkan perut, yoga juga baik untuk melatih pernafasan.