Gerakan Senam Ibu Hamil untuk Melancarkan Persalinan

By Categories : Kesehatan

Bagi pasangan suami istri kehamilan dan memiliki buah hati adalah momen yang sangat membahagiakan. Maka tak jarang banyak sekali ibu hamil yang akan melakukan apa saja demi menjaga kesehatannya dan calon bayinya. Selain mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi ibu hamil juga harus rutin berolahraga, salah satunya yaitu senam ibu hamil.

Gerakan Senam Ibu Hamil

Selain mengunjungi pusat kebugaran, Anda pun bisa melakukan senam di rumah. Nah berikut adalah gerakan senam ibu hamil untuk melancarkan proses persalinan.

Macam-macam gerakan senam ibu hamil

Senam  jongkok

Yang pertama adalah dengan melakukan senam jongkok. Cara melakukannya pun sangat mudah yaitu pastikan posisi punggung lurus  kemudian secara perlahan turunkan tubuh hingga posisi jongkok. Tahan posisi ini kurang lebih 10 detik. Setelah itu kembali berdiri ke posisi semula. Ulangi latihan senam ini hingga beberapa kali. Senam jongkok sangat bermanfaat untuk menguatkan otot panggul dan otot paha.

Senam kegel

Gerakan senam yang satu ini dapat dilakukan pada saat duduk ataupun berdiri. Pada saat buang air kecil di toilet, Anda pun bisa melakukan gerakan ini, caranya kencangkan paha, perut dan pantat. Cobalah untuk merasakan kontraksi selama 5 hingga 10 menit. Gerakan senam yang satu ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk melancarkan persalinan secara normal. Karena senam kegel berguna untuk menguatkan otot dasar panggul  serta dapat melatih rahim, kandung kemih, uretra, kandung kemih dan rektum.

Pose kupu-kupu

Gerakan senam ibu hamil selanjutnya adalah pose kupu-kupu. Gerakan senam yang satu ini pun sangat mudah, yaitu dengan cara duduk di lantai dan punggung lurus dinding. Pastikan kedua telapak kaki saling bersentuhan dan posisikan kedua lutut menyentuh lantai. Sama seperti senam lainnya, pose kupu-kupu juga sangat bermanfaat untuk menguatkan otot paha serta dapat mengurangi stres pada ibu hamil.

Gerakan untuk sendi panggul

Caranya, duduk bersila di lantai dengan posisi punggung lurus. Kemudian tekan kedua lutut ke arah lantai dengan menggunakan siku. Lakukan latihan ini selama 10 hingga 15 menit dalam setiap harinya. karena gerakan ini berguna untuk membuat otot punggung, panggul dan paha menjadi lebih kuat. Selain itu gerakan ini juga dapat memperbaiki postur ibu hamil yang kurang baik.

Berbaring

Berikutnya adalah dengan cara berbaring rileks. Gerakan ini dapat membuat ibu hamil lebih rileks dan tenang. Caranya pun sangat mudah, yaitu berbaring pada tempat tidur maupun matras dengan posisi kaki lurus menumpu pada dinding serta kedua tangan menyamping dan telapak tangan menghadap ke atas.

Manfaat senam hamil memang sangat guna menjaga kebugaran serta melancarkan persalinan. Ibu hamil yang melakukan senam secara rutin maka proses persalinan akan berjalan dengan lancar serta mampu meminimalkan risiko yang ada. Gerakan senam hamil bertujuan untuk melancarkan persalinan dan melatih kelenturan otot penunjang saat bersalin.

Biasanya dalam latihan senam hamil akan diajarkan beberapa teknik relaksasi. Cara tersebut dapat melatih seorang ibu hamil agar nantinya dapat tenang dalam menjalani proses persalinan. Selain itu relaksasi juga bertujuan untuk mengurangi rasa cemas ibu hamil. Berikut beberapa hal yang akan Anda dapatkan setelah melakukan senam hamil.

Manfaat senam hamil

  • Melatih teknik pernafasan

Yang pertama adalah senam hamil dapat melatih teknik pernafasan bagi ibu hamil saat mengandung. Artinya ibu hamil akan lebih mudah mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk tubuh sehingga memudahkan persalinan.

  • Menguatkan dan melenturkan otot dinding perut

Biasanya ibu hamil saat proses persalinan akan mengalami rasa nyeri di bagian bokong dan perut. Jika pada masa kehamilan Anda sering melakukan gerakan senam maka otot yang berada di dinding perut akan lebih kuat serta elastis. Hal ini tentu dalam meminimalisir rasa sakit dan nyeri.

  • Latihan relaksasi

Orang yang sedang hamil umumnya memiliki perasaan yang cemas, tegang dan stres saat akan menghadapi persalinan. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk melakukan relaksasi pada masa kehamilan. Relaksasi tersebut mampu mengurangi rasa cemas yang ada.

  • Melancarkan proses persalinan

Manfaat utama dari gerakan senam ibu hamil adalah untuk melancarkan persalinan. Menurut para ahli, seorang ibu hamil yang sering melakukan senam hamil dapat mengurangi permasalahan pada waktu persalinan serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Nah itulah beberapa gerakan ibu hamil untuk melancarkan persalinan serta manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda ingin mencoba senam hamil, Anda dapat bergabung dengan kelas senam yang biasanya banyak di buka di rumah sakit. Biasanya instruktur hamil adalah bidan yang memiliki pengalaman dalam proses persalinan. Yang perlu Anda perhatikan adalah gerakan serta latihan pernafasan untuk mempersiapkan tubuh menjalani persalinan lebih siap. Keuntungan mengikuti kelas senam hamil adalah gerakan-gerakan yang dilakukan lebih aman karena di bawah instruktur yang berpengalaman.

Baca juga ciri-ciri hamil anak laki-laki

Loading...
terms: olahraga mengecilkan perut di rumah