Gerakan Senam Aerobik untuk Menurunkan Berat Badan

By Categories : Kesehatan

Senam aerobik merupakan salah satu latihan kardio yang sangat efektif untuk membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Selain memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan, gerakan senam aerobik juga berguna untuk menjaga berat badan agar ideal. Tak perlu pergi ke pusat kebugaran, Anda pun juga bisa melakukan senam aerobik di rumah. Sebelum melakukan gerakan utama senam aerobik Anda harus melakukan pemanasan  agar tubuh siap melakukan gerakan inti atau utama. Setelah tubuh siap, maka Anda dapat melakukan gerakan inti dengan intensitas yang lebih tinggi. Berikut adalah beberapa gerakan senam aerobik yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Gerakan Senam Aerobik untuk Menurunkan Berat Badan

Macam-macam gerakan senam aerobik untuk menurunkan berat badan

Marching

Yang pertama adalah marching, gerakan yang satu ini mengharuskan Anda untuk jalan di tempat dengan cara mengangkat kaki secara bergantian setinggi betis dan lutut harus ditekuk 90 derajat. Melakukan hal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan menyegarkan tubuh. Hal ini dikarenakan tumit dan telapak kaki memiliki beberapa titik refleksi. Selain itu, gerakan ini juga sangat berguna untuk mengecilkan paha.

Kicks

Kicks atau tendangan merupakan salah satu gerakan dari senam aerobik yang berguna untuk mengurangi lemak yang ada di paha dan juga kaki. Caranya Anda bisa menendang media aerobik yang Anda gunakan dengan menggunakan kaki secara bergantian. Namun gerakan ini adalah gerakan yang memiliki high impact, ini berarti gerakan ini dapat menguras tenaga Anda.

Jogging

Gerakan senam aerobik selanjutnya adalah jogging. Tidak seperti jogging di pagi hari yang mengharuskan Anda berlari, jogging dalam gerakan aerobik mengharuskan Anda untuk tengkurap. Gerakan ini sendiri diawali dengan kaki yang menekuk ke belakang dan lututmengarah ke lantai. Sama halnya dengan gerakan kicks, gerakan jogging juga merupakan gerakan yang memilki high impact.

Gripevire

Berikutnya adalah gripevire. Gerakan ini mengharuskan Anda untuk berdiri. Setelah itu langkahkan kaki ke kanan atau ke kiri dengan menyilangkan kaki. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan tubuh dan membuat kaki lebih kencang dan proporsional.

Single step

Sama seperti gerakan gripevire, single step juga mengharuskan Anda untuk melangkah ke kanan ataupun ke kiri  dengan gerakan menyentuh pola. Pastikan Anda menekuk lutut tumpu dan menghadap ke depan sebagai gerakan terakhir dari single step.

Double step

Yang membedakan single step dan double step adalah gerakan melangkahnya, pada double step Anda harus melangkah dua langkah ke kanan ataupun ke kiri. Sedangkan untuk gerakan terakhirnya pun sama seperti single step, yaitu merapatkan kedua kaki dengan menyentuh bola.

Nah itulah beberapa gerakan senam aerobik untuk menurunkan berat badan yang dapat Anda coba.

Baca juga artikel lainnya 8 penyebab gagal menurunkan berat badan.

loading...
terms: senam kardio