Gejala Penyakit Diabetes yang Perlu Anda Perhatikan

By Categories : Kesehatan

Penyakit diabetes dibedakan menjadi 2 yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Walaupun keduanya sama-sama penyakit gula darah, namun terdapat perbedaan mulai dari gejala, penyebab, dan cara pencegahan. Penderita diabetes pada umumnya tidak boleh mengonsumsi makan-makanan yang manis atau mengandung gula tinggi. Penyakit diabetes merupakan penyakit berbahaya yang harus diwaspadai.

Untuk penderita diabetes banyak diderita untuk kalangan usia 35 tahun ke atas. Namun untuk saat ini justru di usia yang terbilang muda yaitu umur 25 tahunan ke atas sudah menderita penyakit diabetes. Penyebab dari diabetes pada umumnya adalah kebanyakan dari mereka jarang melakukan aktivitas olahraga dan juga tidak memperhatikan pola makan hidup sehat, selain itu faktor keturunan juga mempengaruhi diabetes. Nah untuk mengetahui lebih lanjut lagi apa saja gejala penyakit diabetes, silahkan simak pembahasan berikut ini!

Gejala Penyakit Diabetes

Berikut Gejala Penyakit Diabetes

Berat Badan Berkurang secara Tidak Normal

Gejala penyakit diabetes yang perlu Anda ketahui yang pertama adalah berat badan berkurang secara tidak normal. Mungkin penurunan berat badan menjadi suatu hal yang menggembirakan bagi para penderita obesitas atau kegemukan. Namun Anda perlu waspada terhadap penurunan berat badan yang tidak normal. Penurunan tersebut bisa disebabkan karena penyakit diabetes. Ini dikarenakan tubuh tidak bisa menyerap glukosa dengan baik dan benar yang merupakan sebagai sumber energi pada tubuh.

Timbulnya Mati Rasa

Gejala diabetes yang berikutnya adalah mati rasa yang timbul pada sebagian tubuh. Untuk gejala yang satu ini perlu diwaspadai, biasanya bagian tubuh yang merasakan mati rasa seperti tangan, kaki, serta jari-jari pada tubuh yang ditandai juga dengan rasa kesemutan. Ini disebabkan karena saraf tubuh mengalami kerusakan dengan peningkatan kadar gula yang berlebih.

Lebih Sering untuk Buang Air Kecil

Gejala berikutnya yang perlu diwaspadai adalah lebih sering untuk buang air kecil. Bagi Anda yang memiliki riwayat peyakit diabetes, dan mengalami gejala buang air kecil yang tak wajar sebaiknya untuk memeriksakan ke dokter agar di check tingkat gula dalam tubuh.

Nafsu Makan Menjadi Meningkat

Gejala penyakit diabetes yang selanjutnya adalah nafsu makan menjadi meningkat. Untuk usia 35 tahun ke atas patut waspada dalam gejala yang satu ini. Rasa lapar yang terus bermunculan bisa jadi gejala dari penyakit diabetes. Rasa lapar berlebihan tersebut dikarenakan sel-sel pada tubuh tidak mendapatkan asupan glukosa dengan baik.

Proses Pemulihan yang Cenderung Lambat

Untuk yang satu ini terlihat lebih jelas bahwa menandakan memiliki gejala terkena penyakit diabetes. Ketika seseorang terdapat luka pada tubuhnya, secara normal luka tersebut akan sembuh dengan sendirinya untuk beberapa waktu. Namun jika luka tersebut tidak kunjung pulih dalam waktu yang lama kemungkinan besar adalah gejala diabetes. Ini dikarenakan kelebihan gula dalam darah akan membuat sistem kekebalan tubuh tidak normal.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai gejala penyakit diabetes yang perlu Anda perhatikan.

Baca juga Cara mencegah diabetes.