Gejala Kanker Pada Anak

By Categories : Kesehatan

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi kita. Selain mematikan, penyakit ini juga tidak pandang bulu dalam menyerang penderitanya. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang tua sekalipun. Berbeda dengan kanker yang menyerang orang dewasa, kanker yang terjadi pada anak umumnya tidak dapat dicegah. Maka dari itu, mulailah untuk mengajarkan si kecil untuk mengatur pola makan dan hidup yang sehat. Baca juga makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Gejala Kanker Pada Anak

Hal tersebut tidak hanya dilakukan untuk mencegah kanker pada pada usia kanak-kanak, melainkan untuk mencegah penyakit kanker saat mereka mulai menginjak masa remaja dan juga dewasa. Untuk mengetahui gejala kanker pada anak, Anda bisa membaca artikel berikut ini!

Gejala kanker pada anak

Otak

Jika seorang anak terkena kanker otak gejala yang paling umum antara lain gangguan keseimbangan, muntah, pusing hingga lumpuh. Kanker biasanya ditandai dengan adanya benjolan. Namun pada kanker otak sendiri benjolan tidak dapat dilihat hingga diraba. Jika Anda menemukan gejala tersebut pada Anak Anda. Sebaiknya periksakan si kecil untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Mata

Jika mata si kecil terjadi gangguan penglihatan seperti mata merah yang tidak kunjung sembuh selama 3 hari, sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter. Karena mata merah pada si kecil tidak hanya sakit mata saja. melainkan hal tersebut merupakan salah satu gejala dari kanker mata.

Baca juga makanan terbaik untuk kesehatan mata.

Perut

Gejala selanjutnya adalah di perut. Mengingat perut kita terdapat organ penting lainnya seperti indung telur, ginjal, hati, usus dan organ lainnya Anda harus mewaspadai jika perut si kecil terasa seperti ada benjolan dan juga terlihat membuncit. Jika hal ini terjadi pada anak Anda, periksakan segera si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan sebaiknya Anda jangan terlalu sering menekan perut si kecil. Karena hal ini dapat membuat penyebaran menjadi sangat cepat dan mudah.

Leher

Benjolan pada leher terdapat dua karakteristik yang berbeda. Yaitu jika benjolan pada leher dipegang dan ditekan tidak terasa sakit. Ini merupakan kanker leher. Sedangkan benjolan yang ditekan dan dipegang terasa panas, benjolan ini merupakan hanya akibat dari infeksi. Maka dari itu, Anda sebaiknya mengetahui karakteristik kedua benjolan tersebut. Karena penanganan dari kedua benjolan tersebut berbeda.

Selain gejala kanker pada anak di atas, biasanya kanker yang menyerang anak adalah leukimia atau kanker darah. Kanker darah merupakan kanker yang menyerang sum-sum tulang belakang. Seorang anak yang terserang kanker ini biasanya memiliki gelaja antara lain, perut membuncit, nyeri tulang, kejang dan juga pembengkakan pada gusi.

Semoga dengan adanya artikel di atas Anda lebih mudah mengetahui gejala kanker pada anak.