Gejala Demam Berdarah dan Pertolongan Pertama untuk Penderitanya

By Categories : Kesehatan

Saat mengalami infeksi, tubuh meresponnya dengan demam. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan gejala awal suatu penyakit tertentu sangat sulit untuk dideteksi. Salah satunya yaitu gejala demam berdarah dengue (DBD). Seperti yang Anda ketahui, jika terlambat dalam menangani DBD, penyakit ini dapat berakibat fatal yaitu dapat menyebabkan kematian.

Gejala Demam Berdarah

Minimnya pengetahuan masyarakat mengenai fase DBD menyebabkan penderita penyakit demam berdarah terlambat dalam mendapatkan penanganan. Fase kritis penyakit ini biasanya terjadi pada hari ke-3. Saat hari ke-3 penderita DB panasnya sudah mulai menurun, akan tetapi hal ini bukan menjadi tanda baik melainkan penderita tersebut mengalami fase kritis dan harus mendapatkan pertolongan medis.

Oleh karena itu, sangat penting sekali mengetahui apa saja gejala dari penyakit ini. Sehingga dapat dilakukan pertolongan pertama untuk penderitanya agar tidak terjadi sesuatu hal yang membahayakan. Lalu apa saja gejala demam berdarah? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Gejala penyakit demam berdarah pada anak dan orang dewasa

Demam tinggi

Penderita demam berdarah biasanya akan mengalami demam tinggi hingga 40 derajat celsius disertai badan menggigil dan mengalam panas dingin. Seperti yang kita ketahui fase demam berdarah memiliki grafik seperti pelana kuda, yaitu pada hari pertama dan kedua penderita akan mengalami demam tinggi dan pada hari ke-3 panas sudah mulai turun hal ini biasa disebut sebagai fase kritis dan dapat membahayakan keselamatan jiwa. Jika Anda menemui gejala seperti ini sebaiknya segera menghubungi dokter untuk penangangan lebih lanjut.

Adanya bintik merah

Pada umumnya tidak semua penderita demam berdarah mengalami hal ini. akan tetapi tidak jarang juga akan muncul bintik merah pada tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya infeksi virus dengue yang menyebabkan sistem pembekuan darah terganggu.

Selain demam tinggi dan adanya bintik merah, beberapa gejala demam berdarah lainnya antara lain:

  • Mengalami pendarahan ringan dari hidung (mimisan) ataupun dari gusi
  • Trombosit menurun (hal ini diketahui setelah melakukan tes darah)
  • Nyeri pada tulang, otot, belakang mata hingga perut
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala
  • Kulit mudah memar
  • Tidak nafsu makan.

Setelah mengetahui gejalannya, berikut adalah pertolonngan pertama yang dapat Anda lakukan pada penderita demam berdarah.

Cara penanganan penderita DBD

Minum air putih dan istirahat cukup

Yang pertama adalah dengan cara minum air putih dan istirahat cukup. Demam berdarah menyebabkan trombosit di dalam tubuh menjadi menurun. Sehingga, salah satu cara untuk menaikkannya adalah dengan cara minum air putih dan istirahat cukup. Anda juga dapat mengonsumsi makanan dan minuman untuk menaikkan trombosit, seperti daging, susu, sayuran dan buah-buahan.

Monitor suhu setiap hari

Mengecek suhu tubuh juga sangat penting untuk dilakukan. Sebaiknya jangan mengandalkan telapak tangan untuk mengetahuinya. Anda bisa menggunakan termometer agar hasil lebih akurat. Suhu tubuh normal yaitu 36,5 hingga 37,5 derajat celcius dan lebih dari itu, penderita harus mendapatkan penanangan medis karena dapat membahayakan.

Hindari obat tertentu

Anda juga harus menghindari obat-obatan tertentu seperti aspirin dan ibu profen, karena obat tersebut dapat menghambat produksi dan fungsi trombosit.

Nah itulah beberapa gejala demam berdarah dan pertolongan pertama pada penderitanya. Baca juga tanaman anti nyamuk.

Loading...