Gejala Darah Rendah yang Perlu Diwaspadai

By Categories : Kesehatan

Tak hanya tekanan darah tinggi, darah rendah atau hipotensi merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh dianggap remeh. Jika tidak segera diatasi tentu saja penyakit ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Hipotensi sendiri biasa dialami oleh seseorang yang memiliki kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-sehari, seperti pola makan yang tidak teratur serta tidak memperhatikan gizi makanan yang ia konsumsi. Selain itu, tekanan darah rendah juga dapat disebabkan oleh stres ataupun tekanan yang berlebihan pada otak. Oleh karena itu, mulailah untuk mengonsumsi makanan seperti buah yang baik untuk penderita darah rendah.

Gejala Darah Rendah yang Perlu Diwaspadai

Pada umumnya seseorang dikatakan menderita hipotensi  jika tekanan darahnya kurang dari 120/80 mmHg. Untuk lebih mengerti dan mengantisipasi terjadinya tekanan darah  rendah, berikut adalah beberapa gejala darah rendah yang perlu diwaspadai.

Inilah gejala tekanan darah rendah yang perlu diketahui

Pusing

Pusing atau sakit kepala mungkin sudah biasa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari, karena stres ataupun terlalu banyak fikiran. Namun pusing karena darah rendah adalah hal umum dan merupakan salah satu gejala yang perlu Anda waspadai. Karena pusing yang disebabkan darah rendah terjadi karena kurangnya pasokan darah yang menuju ke otak.

Kulit pucat

Pada umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan kulit menjadi pucat. Selain kurangnya perawatan yang dilakukan, penyakit darah rendah juga merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan hal ini. Tak hanya otak saja yang kekurangan suplai darah, aliran darah di dalam tubuh juga akan menurun yang pada akhirnya akan berdampak pada kulit.

Nyeri dada dan sesak nafas

Gejala darah rendah selanjutnya adalah nyeri pada dada dan sesak nafas. Ketika tekanan darah yang menuju jantung semakin melemah, tentu saja hal ini dapat membuat jantung bekerja lebih keras dan dapat mengakibatkan terjadinya gangguan terhadap kinerja jantung itu sendiri. Sehingga hal ini dapat membuat dada terasa nyeri yang pada akhirnya akan mengalami sesak nafas karena kurangnya pasokan oksigen yang menuju ke jantung.

Denyut jantung tidak teratur

Selan  nyeri dada dan sesak nafas, darah rendah juga menyebabkan denyut jantung tidak teratur. Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kurangnya pasokan darah yang menuju ke jantung, dapat membuat organ vital yang satu ini tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini dapat mengakibatkan denyut jantung tidak teratur atau yang biasa disebut dengan aritmia.

Penglihatan kabur

Gejala lainnya adalah penglihatan kabur serta mata berkunang-kunang terutama setelah duduk yang lama kemudian langsung berdiri. Dalam kondisi ini penderita tekanan darah rendah juga akan merasakan keadaan seperti akan pingsan. Jika sudah begini pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah kembali duduk ataupun berbaring di tempat tidur.

Nah itulah beberapa gejala darah rendah yang perlu diwaspadai. Selain itu ada pula gejala lainnya, seperti sering menguap, penderita sering mengalami kebingungan, keringat dingin pada telapak kaku dan tangan.

Baca juga artikel lainnya akibat dari tekanan darah rendah dan cara mengatasinya.

Loading...