Gejala dan Cara Menurunkan Demam Pada Anak

By Categories : Kesehatan

Anak merupakan buah hati yang sangat berharga bagi setiap orang tua. Oleh karena itu, saat buah hati mereka sedang sakit pastinya mereka akan panik dan juga khawatir. Salah satu jenis penyakit yang seiring menyerang anak-anak adalah demam. Demam merupakan suatu pertanda bahwa tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap bakteri ataupun virus untuk mengatasi infeksi. Pada umumnya demam tidak membahayakan, akan tetapi jika demam menimbulkan dehidrasi, kesadaran menurun dan juga kejang sebaiknya Anda harus melakukan pertolongan pertama. Namun jika anak Anda mengalami demam setelah diberikan imuniasasi, ini merupakan kondisi yang tidak memerlukan pemeriksaan medis. Penangan yang berlebihan justru akan merugikan tubuh anak. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah gejala dan cara menurunkan demam pada anak.

Gejala dan Cara Menurunkan Demam Pada Anak

Cara menurunkan demam pada anak secara alami

Gejala demam pada anak

  • Sakit otot dan sendi
  • Pusing dan pingsan
  • Sakit kepala
  • Berkeringat
  • Jantung berdebar-debar
  • Menggigil serta gemetar
  • Kulit memerah
  • Suhu tubuh tinggi

Nah itulah beberapa gejala-gejala umum yang sering terjadi saat demam. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya!

Cara mengatasi demam secara alami

  • Kompres dengan air hangat

Cara menurunkan demam pada anak yang pertama adalah dengan cara mengompres tubuh anak dengan menggunakan air hangat. Air hangat yang Anda gunakan akan membantu meredakan demam pada anak. Saat mengompresnya, Anda juga dapat menambahkan garam ataupun minyak esensial lavender oil untuk menenangkan tubuh. Selain itu Anda juga dapat menggunakan kompres plester yang dapat Anda temukan di pasaran ataupun apotik terdekat.

  • Berikan obat penurun demam

Yang kedua adalah dengan cara memberikan obat penurun demam. Salah satu obat yang dapat Anda gunakan adalah paracetamol. Paracetamol merupakan obat penurun demam yang dianggap memiliki efek samping yang rendah bagi tubuh bayi. Meskpun begitu, Anda harus tetap memberikan obat penurun panas yang sesuai dengan usia dan pastikan Anda membaca petunjuk dokter agar tidak terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan.

  • Selalu periksa suhu tubuh

Cara menurunkan demam pada anak selanjutnya adalah dengan cara selalu memeriksa suhu tubuh anak. Suhu tubuh yang normal pada anak adalah berkisar antara 36 hingga 37 derajat celcius. Akan tetapi jika suhu tubuh anak Anda lebih dari 37 derajat, Anda dapat melakukan terapi ringan lainnya seperti mengonsumsi banyak air putih agar si kecil tidak mengalami dehidrasi serta kejang.

  • Penanganan dokter

Apabila panas anak tidak segera turun, sebaiknya Anda segera membawanya ke dokter anak untuk melakukan tes kesehatan. Karena meskipun hanya demam, jika terlambat dalam penanganan medis, ini akan sangat berbahaya bagi kondisi tubuh si kecil.

Nah itulah beberapa gejala dan cara menurunkan demam pada anak. Baca juga artikel mengenai Cara mengatasi perut kembung pada bayi.