Gejala dan Cara Mengatasi Tipes pada Anak

By Categories : Kesehatan

Tipes merupakan salah satu penyakit peradangan usus yang menular. Penyakit ini disebabkan karena bakteri salmonella typhosa atau salmonella paratyphosa. Bakteri tersebut sering dijumpai pada makanan yang berada di lingkungan yang tidak higienis. Jika makanan tidak higienis tersebut dikonsumsi, maka bakteri akan masuk ke lambung kemudian saat sampai di usus halus, ia akan berkembang biak dan pada akhirnya bakteri tersebut akan masuk ke saluran peredaran darah. Sehingga ini menyebabkan tubuh penderita tipes akan demam tinggi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah gejala penyakit tipes.

Gejala dan Cara Mengatasi Tipes pada Anak

Gejala Awal Seseorang Terkena Tipes

Demam Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, gejala penyakit tipes adalah demam tinggi. Hal ini bisa berlangsung selama lebih dari 7 hingga 10 hari. Dan dalam setiap harinya demam akan terus bertambah tinggi. Saat demam, penderita akan mengalami penurunan daya ingat yang sangat drastis dan sering mengingau.

Diare

Gejala penyaki tipes selanjutnya adalah seseorang yang terkena tipes biasanya akan mengalami gejala seperti diare atau mencret. Hal ini karena bakteri penyebab tipes juga menyerang saluran pencernaan, sehingga akan mengganggu penyerapan cairan yang menyebabkan diare.

Mual dan Muntah

Ketika tubuh sudah tidak mampu melawan bakteri, Anda akan mengalami mual dan akhirnya muntah. Hal ini karena adanya pembengkakan, sehingga menyebabkan rasa mual yang berlebihan, Akibatnya makanan yang dikonsumsi tidak dapat masuk secara sempurna dan dikeluarkan kembali lewat mulut.

Namun untuk mengindikasikan penyakit tipes tidak cukup hanya dengan melalui gejala-gejala tersebut, diperlukan uji labolatorium untuk memastikannya. Karena gejala dari penyakit tipes sangat mirip dengan demam berdarah. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berikut Adalah Cara Mengatasi Tipes

Cacing Tanah

Memang terdengar menijikan, namun cacing tanah merupakan salah satu obat yang paling efektif untuk mengobati penyakit ini. Jika dilingkungan rumah Anda tidak ada cacing, Anda dapat membeli kapsul ataupun cacing tanah kering yang dijual di toko herbal terdekat. Jika Anda membeli cacing tanah kering, Anda dapat merebusnya dan gunakanlah air rebusan tersebut untuk diminum.

Teripang

Cara mengatasi tipes selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teripang. Teripang dipercaya dapat mengobati penyakit tipes. Kandungan zat anti bakteri pada teripang berguna untuk melawan bakteri yang ada di dalam tubuh. Selain digunakan untuk mengatasi tipes, teripang juga dapat membantu untuk mengobati penyakit maag kronis.

Periksakan Diri ke Dokter

Jika menggunakan bahan alami tidak dapat memulihkan kondisi, sebaiknya segeralah periksakan si kecil ke dokter. Karena dengan begitu ia akan mendapatkan perawatan yang maksimal untuk membantu proses penyembuhannya.

Itulah beberapa gejala dan cara mengatasi tipes pada anak. Selain itu, sebaiknya hindarilah mengonsumsi makanan yang ada di pinggir jalan dan ajaklah selalu si kecil untuk menerapkan pola hidup sehat. Karena jika kekebalan tubuh kuat, segala macam penyakit tidak dapat menyerang pertahanan kekebalan tubuh.

Baca juga artikel mengenai Manfaat serai bagi kesehatan.