Fungsi dan Manfaat Yodium Bagi Tubuh

By Categories : Kesehatan

Saat mendengar kata yodium pastinya kita selalu berfikir tentang garam. Hal ini karena garam merupakan salah satu sumber yodium terbesar. Namun tak hanya itu saja sumber yodium, kandungan yodium juga dapat Anda temui pada telur, susu, daging dan juga makanan laut, seperti kerang, cumi-cumi, ikan dan juga rumput laut. Pada umumnya tubuh tidak dapat memproduksi yodium. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan jenis mineral yang satu ini tubuh diharuskan mengonsumsi makanan yang kaya akan yodium. Lantas mengapa tubuh membutuhkan yodium? Untuk lebih jelasnya berikut adalah fungsi dan manfaat yodium bagi tubuh.

Fungsi dan Manfaat Yodium Bagi Tubuh

Manfaat yodium untuk kesehatan tubuh

Pembunuh kuman pada luka luar

Manfaat yodium yang pertama adalah untuk membunuh kuman pada luka luar. Ketika tubuh mengalami luka seperti teriris pisau, keparut ataupun terjatuh sehingga menyebabkan luka pada tubuh, biasanya kita akan menggunakan air mengalir untuk membersihkan luka tersebut. Namun selain itu, Anda juga dapat menggunakan garam. Kandungan zat yang terkandung pada garam dapat membunuh kuman yang menempel pada luka Anda. Meskipun akan menyebabkan rasa perih, menggunakan garam merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi luka Anda.

Mencegah penyakit mata

Selain menggunakan makanan yang kaya akan vitamin A, Anda juga dapat mencegah penyakit mata dengan menggunkan yodium. Beberapa penelitian medis menerangkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan yodium dalam jumlah yang tepat dapat menghindarkan tubuh terkena berbagai macam penyakit mata, seperti rabun ayam, mata silindris, rabun dekat, rabun jauh, katarak dan juga dapat memperbaiki penglihatan mata yang sudah menurun.

Mencegah penyakit gondok

Fungsi dan manfaat yodium selanjutnya adalah mencegah penyakit gondok. Gondok merupakan penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Penyakit ini biasanya memiliki tanda yang umum seperti munculnya benjolan yang besar pada daerah leher. Oleh karena itu mulailah mencukupi kebutuhan asupan yodium agar kelenjar tiroid berfungsi secara normal. Pada umumnya penyakit ini tidak berbahaya, akan tetapi penyakit ini juga dapat mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari Anda.

Meringankan penyakit kulit karena jamur

Jika Anda memiliki gangguan kulit yang disebabkan oleh jamur, Anda dapat menggunakan yodium untuk meirngankan penyakit Anda. Ada beberapa penyakit kulit yang dapat Anda atasi dengan menggunakan mineral yang satu ini yaitu kutu air, kudis, kurap, dan juga eksim.

Mencegah kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita. Namun Anda jangan khawatir, Anda dapat mencegah penyakit mematikan ini dengan menggunakan yodium. Mengonsumsi yodium secara teratur dan dengan takaran yang tepat dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kanker payudara.

Nah itulah beberapa fungsi dan manfaat yodium bagi kesehatan tubuh.

Loading...
terms: fungsi yodium, fungsi iodium, manfaat yodium, Fungsi yodium bagi tubuh, fungsi zat yodium, yodium dan manfaatnya, manfaat yodium untuk manusia, manfaat yodium dalam kehidupan sehari-hari, fungsi zat yudium, fungsi yodium dalam tubuh manusia, fungsi jodium, fungsi iodiun dalm tubuh manusia