Fungsi Bahasa Indonesia sebagai pemersatu Bangsa

By Categories : Pendidikan

Fungsi Bahasa Indonesia sebagai pemersatu Bangsa memiliki peranan yang sangat vital sekali karena digunakan sebagai alat perekat Nasionalis warga Indonesia untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Repulik Indonesia. Indonesia yang merupakan Negara kepulauan memiliki lebih dari 17ribu pulau pulau yang menyebar dari sabang hingga merauke., dengan total penduduk lebih dari 200juta jiwa. Dengan penduduk sebanyak itu, Indonesia dinobatkan sebagai Negara dengan penduduk terpadat ke4 didunia, yang mana peringkat pertama disandang oleh Negara Republic Rakyat China, kemudian India, dan ketiga Amerika. Dengan melihat wilayah indonesia yang sangat luas dengan berbagai pulaunya, maka tidak heran jika Negara indonesia memiliki keberagaman etnis dan budaya, yang tentu saja juga memiliki keanekaragaman bahasa. Dengan adanya keanekaragaman budaya dan bahasa tersebut, maka diperlukan bahasa pemersatu yang bisa membuat seluruh warga Negara di wilayah Indonesia bisa mengerti dan memahami satu sama lain.

bahasa-Indonesia

Bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Melayu Riau ini dipilih karena telah menjadi lingua franca yang banyak digunakan dalam perdagangan jauh saat kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perdagangan. Kehadiran bahasa Melayu Riau yang mudah dipahami dan dipelajari kemudian dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan Negara Indonesia dan diputuskan menjadi bahasa pemersatu bangsa. Sebuah bangsa yang besar memerlukan bahasa sebagai pemersatu agar komunikasi semakin mudah dan menumbuhkan rasa nasionalis pada setiap daerah yang dilingkupinya. Bisa kita bayangkan jika sebuah Negara tidak memiliki bahasa pemersatu, maka semuanya akan menjadi kacau balau, apalagi yang wilayahnya seperti Negara kita ini, yang terdiri dari berbagai etnis dengan ratusan rumpun bahasa yang berbeda-beda.

Kehadiran suatu bahasa utama dalam sebuah Negara juga berfungsi sebagai Identitas bangsa. Disebut sebagai Identitas bangsa karena mampu menunjukkan diri kita pada masyarakat dunia bahwa bangsa kita merupakan bangsa yang memiliki bahasa sendiri dan seluruh warga Negara indonesia menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa resmi, kenegaraan dan sebagai alat komunikasi. Selain itu, kehadiran bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional merupakan sebuah kebanggaan bagi Negara kita, karena menunjukkan bahwa kita adalah Negara Merdeka dan bukanlah Negara persemakmuran, yang mana biasanya Negara persemakmuran mewajibkan masyarakatnya untuk menggunakan bahasa induk, yaitu bahasa Negara yang menguasainya, seperti Malaysia yang merupakan Negara persemakmuran dari Negara inggris sehingga rakyatnya wajib menguasai bahasa Inggris.

Dalam perkembangan bahasa Indonesia, bahasa indonesia telah mengalami berbagai penambahan dan banyak perubahan dari bahasa Melayu Riau yang asli. Hal ini karena disesuaikan dengan fungsi bahasa Indonesia yang juga digunakan sebagai bahasa kenegaraan dan bahasa resmi. Karena itulah fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu Bangsa sangatlah penting dan harus dijaga oleh para penerus generasi bangsa. Pendidikan berbahasa yang baik dan benar sangat perlu ditanamkan sejak usia dini kepada seluruh penerus generasi bangsa agar senantiasa terjaga kearifannya dan kelestariannya dinusantara.

Loading...
terms: fungsi pemersatu berguna untuk, bahasa indonesia sebagai alat pemersatu bangsa, bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu, bahasa indonesia sebagai pemersatu bangsa, fungsi bahasa indonesia sebagai pemersatu bangsa, fungsi bahasa sebagai alat pemersatu bangsa, fungsi bahasa indonesia sebagai alat pemersatu bangsa, bahasa sebagai alat pemersatu bangsa, fungsi bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan, bahasa pemersatu, fungsi bahasa indonesia sebagai pemersatu adalah, fungsi bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu