Fungsi Asam Folat untuk Tubuh

By Categories : Kesehatan

Asam folat merupakan nama lain dari vitamin B9. Asam folat memiliki banyak fungsi yang perlu Anda ketahui untuk kesehatan tubuh. Terdapat banyak sumber makanan mengandung asam folat yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Salah satu fungsi dari asam folat ialah untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Anda perlu memenuhi asupan asam folat untuk tubuh, akan tetapi bukan berarti kelebihan asam folat baik. Sebab kelebihan dari asam folat dapat mengganggu sistem keseimbangan pada tubuh. Nah untuk mengetahui apa saja fungsi asam folat untuk tubuh, simak pada pembahasannya di bawah ini!

Fungsi Asam Folat untuk Tubuh

Berikut Fungsi Asam Folat untuk Tubuh

Membantu Mengatasi Anemia

Fungsi asam folat yang pertama adalah membantu dalam mengatasi anemia atau kekurangan darah. Anemia sering dialami kebanyakan orang yang kurang mengonsumsi sayuran. Anemia biasa ditandai dengan beberapa faktor seperti mudah lelah, kepala sering pusing, dan juga sering pingsan. Untuk itu konsumsi makanan mengandung asam folat secukupnya seperti gandum, daging, telur, dan juga sayuran hijau.

Membantu dalam Pembentukan Jaringan Tubuh

Fungsi berikutnya adalah membantu dalam pembentukan jaringan pada tubuh. Asam folat baik untuk perkembangan bayi pada ibu hamil. Selama masa kandungan, pembentukan jaringan pada tubuh juga dipengaruhi oleh asam folat pada makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Oleh sebab itu ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan asam folat secukupnya.

Membantu dalam Memproduksi Sel Darah Merah

Folat menjadi salah satu kunci penting dalam proses pembentukan eritrosit atau sel darah merah. Kurangnya asupan zat ini membuat tubuh beresiko lebih rentan terkena kanker. Di samping sebagai pembentukan sel darah merah, folat juga berperan dalam mekanisme sistem kekebalan tubuh serta sel darah putih.

Baik Untuk Perkembangan Janin

Seperti pada poin nomor dua di atas, bahwa folat baik untuk perkembangan janin pada ibu hamil. Ini dikarenakan produksi dari eritrosit (sel darah merah) yang dipengaruhi oleh asam folat. Kurangnya asupan dari folat pada ibu hamil dapat menyebabkan masalah pada perkembangan sumsum tulang belakang bagi janin. Oleh sebab itu untuk ibu hamil sebaiknya mencukupi asupan folat selama masa hamil.

Mencegah Kerusakan pada Otak

Fungsi asam folat untuk tubuh berikutnya adalah mencegah kerusakan pada otak. Hal ini tentunya didukung dengan mencukupi konsumsi makanan mengandung folat setiap hari. Selain mencegah resiko kerusakan pada otak, folat juga berfungsi untuk memaksimalkan fungsi dari otak. Sehingga membantu dalam mengurangi resiko dimensia ketika usia tua.

Membantu Mencegah Depresi

Fase depresi sering dialami pada ibi selama masa kehamilan. Depresi pada ibu hamil sangat berpengaruh pada kondisi janin pada kandungan. Asam folat bergungsi untuk mengatasi hal ini seperti rasa cemas berlebihan, stress, dan juga depresi.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa fungsi asam folat untuk tubuh. Terdapat banyak sumber makanan sehat yang mengandung folat seperti ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau (brokoli, kol, sawi, bayam), daging, dan juga gandum.