FDR Black Box Air Asia Ditemukan, Lalu Bagaimana Dengan CVR-nya?

By Categories : Berita

 Hari ini tepatnya pada pagi tadi sekitar pukul 07.11 WIB tim SAR gabungan berhasil mengangkat bagian Black Box yang bernama Flight Data Recorder atau FDR. Pada FDR itu tertulis nomor bagian PN-2100-4043-02 dan nomor seri SN-000556583. Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FHB Soelistyo mengatakan bagian dari black box milik pesawat AirAsia QZ8501 telah diangkat oleh pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Setelah berhasil mengangkat Flight Data Recorder (FDR) yang merupakan salah satu bagian dari black box atau kotak hitam pesawat AirAsia QZ 8501, fokus tim SAR gabungan di hari ke 16 ini mencari Cockpit Voice Recorder (CVR) yang juga merupakan bagian dari black box.

Direktur Operasional Basarnas Marsekal Pertama SB Supriyadi mengatakan sinyal cockpit voice recorder (CVR) pesawat AirAsia QZ8501 sudah terdeteksi. “CVR juga sinyalnya sudah ketemu kira-kira 20 meter dari FDR ditemukan, kondisin CVR diperkirakan masih utuh. Sinyal tersebut terdeteksi berdasarkan laporan tim sejak kemarin sore.” tegas Supriyadi.

Sebelumnya, Kapal Baruna Jaya I berhasil merekam sinyal akustik berbunyi ‘ping’ yang diduga berasal dari kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501 pada frekuensi 37.5 kilohertz. “Posisi pantulan ‘ping’ datang dari arah 52.1 derajat, jarak 77.7 meter, kedalaman 35 meter,” kata Geodetic Specialist Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Imam Mudita.