Faktor Yang Mempengaruhi Investasi

By Categories : Bisnis

Sebagai masyarakat modern, pastinya kita tidak asing lagi dengan kata investasi. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, apa itu investasi? Pada dasarnya, investasi merupakan penanaman modal. Namun pada hakikatnya investasi merupakan memanfaatkan waktu, uang, asset dan juga tenaga untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Baca juga cara investasi yang aman.

investasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum  berinvestasi salah satunya yaitu menentukan tujuan berinvestasi, hitung hutang yang Anda miliki, hitung pemasukan Anda, hitung aset yang Anda miliki dn juga hitung pengeluran perbulan. Hal ini dilakukan agar investasi yang Anda lakukan berhasil dan tidak berujung pada kebangkrutan. Lantas faktor apa saja yang mempengaruhi investasi itu sendiri? Berikut adalah fakor yang mempengaruhi investasi. Apa saja?

Fakor yang mempengaruhi investasi

Tingkat inflasi

Faktor yang mempengaruhi investasi yang pertama adalah tingkat inflasi. Menurut Greene dan Pillanueva tingkat investasi yang tinggi merupakan ukuran tidak stabilnya ekonomi makro dan juga tidak mampunya pemerintah dalam mengendalikan kebijakan ekonomi makro. Selain itu, tingkat inflasi yang tinggi juga dapat mengurangi rata-rata masa jatuh pinjam modal, meningkatkan resiko proyek investasi serta menimbulkan distorsi informasi mengenai harga relatif.

Kualitas sumber daya manusia

 Faktor yang kedua adalah kualitas sumber daya manusia. Hal ini berarti manusia yang berkualitas merupakan salah satu faktor investasi yang penting. Kualitas sumber daya manusia pun ditunjang dengan adanya teknologi. Sebab teknologi yang saat ini digunakan oleh para investor dan juga pengusaha menuntut kemampuan dan keterampilan dari tenaga kerja.

Pengaruh tingkat suku bunga

Faktor yang selanjutnya adalah pengaruh tingkat suku bunga. Suku bunga merupakan faktor yang sangat penting dan juga memiliki pengaruh yang sangat signifikan bagi investasi itu sendiri. Hal ini karena jika tingkat suku bunga rendah atau turun ini akan mendorong para investor atau pengusaha meminjam modal pada bank. Dengan modal tersebut maka Ia akan melakukan investasi.

Pengaruh nilai tukar

Shikawa menyatakan bahwa pengaruh tingkat kurs  atau nilai tukar akan berpengaruh pada dua saluran yaitu sisi permintaan dan sisi penawaran dosmetik. Pasa sisi permintaan, penurunan tingkat kurs dapat menyebabkan nilai riil aset masyarakat. Hal ini disebabkan karena meningkatnya harga sehingga hal ini akan menurunkan permintaan dosmetik. Sedangkan pada sisi penawaran, penurunan tingkat kurs  akan menaikkan produk impor.  Hal ini akan membuat barang yang diperdagangkan menjadi meningkat. Sehingga nilai tukar mata uang dosmetik akan menaikkan ekspansi investasi pada barang perdagangan tersebut.

Selain hal tersebut, tingkat keuntungan yang akan diperoleh, tingkat pendapatan nasioal, kondisi sarana dan prasrana, birokrasi perijinan, stabilitas politik dan keamanan juga merupakan faktor yang mempengaruhi investasi. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi Anda :)

Baca juga artikel terkait jenis investasi yang menguntungkan.

terms: salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya investasi adalah