Faktor Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya

By Categories : Tips

Selulit bisa dibilang salah satu masalah yang sangat umum dialami oleh semua orang terutama bagi para wanita. Selulit merupakan gumpalan kecil yang terdapat pada permukaan kulit yang terlihat seperti kulit jeruk. Karena bentuknya itulah, selulit sering kali membuat seseorang merasa tidak percaya diri karena sangat menganggu penampilan. Bentuk selulit tergantung kondisi kulit, biasanya kondisi kulit mengalami perubahan ketika pada saat tubuh mengalami kenaikan berat badan. Maka bisa kita simpulkan bahwa berat badan sangat mempengaruhi keberadaan selulit pada tubuh seseorang. Selulit paling umum ditemukan pada bagian  kulit tubuh seperti paha, perut, punggung, pinggul hingga payudara. Lantas apa yang menjadi faktor penyebab selulit ?

Penyebab Selulit

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Joyce Tung Ph.D mengatakan bahwa kemunculan selulit dipengaruhi oleh faktor genetik. Faktor yang satu ini memang memberi pengaruh yang sangat tinggi terhadap kemunculan selulit pada kulit tubuh seseorang. Selain itu juga masih banyak faktor penyebab lainnya yang dapat memicu munculnya selulit, diantaranya adalah sebagai berikut !

Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya

Terdapat banyak macam-macam penyebab selulit yang sering ditemui dan dialami adalah yang pertama karena faktor hormon esterogen. Hormon yang satu ini merupakan penyebab utama terbentuknya selulit pada permukaan kulit. Adapun hal yang dapat memicu hormon esterogen adalah karena adanya penumpukan lemak yang membentuk gumpalan-gumpalan kecil yang menyerupai kulit jeruk. Pada umumnya selulit akan terlihat pada wanita ketika pada saat waktu pubertas, hamil dan monopause. Selain itu juga terdapat penyebab lainnya yang mendasari terbentuknya selulit diantaranya  perubahan hormon seperti yang sudah dijelaskan di atas, alat  kontasepsi seperti pil KB, gaya hidup dan masih banyak lagi lainnya. Lantas bagaimana cara untuk mengatasinya ? Nah berikut akan kami jelaskan mengenai cara untuk mengatasinya !

Inilah Cara Untuk Mengatasi Selulit

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi selulit, namun untuk cara yang lebih aman tanpa efek samping adalah dengan menggunakan cara alami. Diantaranya dengan menggunakan ampas kopi  untuk dijadikan lulur. Cara yang satu ini memang sangat dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah selulit, adapun caranya sebagai berikut :

  • Pertama siapkan satu cangkir kopi, satu butir telur dan satu sendok madu. Setelah itu aduk hingga rata sampai berubah menjadi pasta.
  • Setelah itu lalu gunakan ramuan tersebut untuk memijat bagian kulit tubuh Anda yang terdapat selulit. Lakukan pijatan sampai 10 menit dan lakukan 2-3 minggu
  • Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara yang lebih simple. Cukup dengan mengambil ampas kopi secukupnya setelah campurkan dengan sabun cair dan balurkan secara merata pada bagian selulit Anda. Kemudian diamkan dan bilas hingga bersih.

Nah itulah penjelasan mengenai faktor penyebab selulit dan cara mengatasinya. Baca juga artikel terkait lainnya Jenis Makanan Untuk Melawan Selulit yang Mengganggu,

Loading...