Faktor Penyebab Penuaan Dini

By Categories : Kesehatan

Setiap orang tentu tidak mengalami proses penuaan awal atau penuaan dini, meskipun proses penuaan terjadi secara alami dengan bertambahnya umur. Setiap orang ingin tampil muda, meski diumurnya yang sudah tidak muda lagi. Bagi wanita penuaan diri sangat dibenci, mengingat wanita selalu ingin tampil sempurna ketika sedang berada di depan publik.

Pada dasarnya proses penuaan dini cenderung sering terjadi bagi seseorang yang memiliki jenis kulit kering. Pada kulit kering kadar sebum sangatlah kurang akibatnya kulit mengalami cepat keriput, pecah-pecah terlihat kering, serta bersisik. Sebum sendiri merupakan kandungan minyak yang berfungsi untuk melindungi kulit, serta membantu untuk melembabkan kulit. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami proses penuaan dini, alangkah baiknya memulai untuk hidup sehat, dan mengetahui faktor penyebab penuaan dini!

Faktor Penyebab Penuaan Dini

Faktor Penyebab Penuaan Dini

Terkena Paparan Radikal Bebas

Salah satu faktor yang menyebabkan proses penuaan diri pada seseorang adalah terkenanya paparan radikal bebas. Radikal bebas merupakan efek dari polusi yang ada di lingkungan, penggunaan air yang sudah tercampur dengan bahan kimia, perubahan cuaca ekstrim yang tidak bisa diprediksi, dan beberapa faktor lainnya yang menyebabkan terganggunya proses pertumbuhan kolagen pada tubuh. Radikal bebas ini sangat berbahaya bagi tubuh yang dapat mengganggu, serta merusak sel-sel pada tubuh termasuk kolagen dalam tubuh. Nah untuk mencegah dan mengatasi radikal bebas ini, Anda dapat mengonsumsi berbagai sayuran hijau, dan juga buah-buahan. Untuk sayuran, Anda dapat mengonsumsi bayam, brokoli, dan sayuran lainnya. Sedangkan untuk buah seperti stroberi, alpukat, anggur merah, dan buah lainnya.

Sering Mengonsumsi Junk Food atau Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang tidak baik untuk kesehatan tubuh jika terus dikonsumsi secara terus-menerus. Dengan seringnya mengosumsi makanan cepat saji dapat mengakibatkan proses penuaan dini. Di samping itu juga bisa mendatangkan berbagai penyakit berbahaya lainnya salah satunya adalah penyakit kanker. Nah oleh sebab itu sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji. Meskipun makanan cepat saji mudah dalam menyajikannya, tetapi sebaiknya mengurangi dari sekarang.

Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari di pagi hari memang baik untuk kesehatan tubuh, Sinar matahari pagi berkisar antara jam 7 sampai dengan jam 9 pagi. Sedangkan untuk paparan sinar matahari yang tidak baik untuk kulit, dan menyebabkan proses penuaan dini adalah antara jam 10 sampai dengan jam 3 sore. Ini dikarenakan pada jam tersebut terdapat pancaran sinar ultraviolet yang cukup kuat. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah, atau juga kulit tubuh Anda.

Kelembaban Udara

Kelembaban Udara turut menjadi faktor penyebab penuaan dini. Kelembaban udara yang tidak stabil yang sering terjadi untuk daerah tropis. Bagi Anda yang tinggal pada daerah tropis, sebaiknya untuk menggunakan pelembab yang dapat mempertahankan kadar air dalam kulit. Sedangkan untuk menghaluskan kulit, Anda dapat menggunakan lotion atau juga body lotion yang aman untuk jenis kulit Anda.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai faktor penyebab penuaan dini, sekian dan semoga dapat menambah pengetahuan Anda. Baca juga Minum Air Putih