Fakta Unik Tentang Rambut Gimbal di Dieng

By Categories : Umum

Pegunungan Dieng menyimpan banyak hal unik dan mistis. Selain dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para dewa, daerah ini juga memiliki kepercayaan unik terhadap rambut gimbal. Seperti apa? Simak ulasan berikut!

Hal yang Unik Rambut Gimbal Dieng

  1. Ketika kita membicarakan tentang rambut gimbal maka mungkin banyak yang mengaitkannya dengan Regae atau Bob Marley. Namun, perlu untuk anda ketahui bahwa pada salah satu upacara adat yang dipercayai secara turun temurun oleh masyarakat Dieng, melibatkan anak-anak yang berambut gimbal. Gimbal yang tumbuh pada rambut anak-anak ini bukanlah sebuah gimbal yang dibuat-buat melainkan gimbal yang tumbuh secara alami. Awalnya pada saat kelahiran anak tersebut, tumbuh sebagai anak normal lainnya namun pada fase atau tahap tertentu di rambut mereka akan tumbuh gimbal. Banyak yang melakukan penelitian secara ilmiah terkait dengan penyebab rambut mereka menjadi gimbal, namun hingga kini para peneliti belum menemukan jawaban yang dapat dibuktikan. Terlebih saat melihat bahwa gimbal tersebut bukanlah gimbal turunan melainkan terjadi secara tiba-tiba pada anak yang tidak diketahui tanda-tandanya sebelumnya. Sehingga akhirnya masyarakat setempat masih mempercayai bahwa rambut gimbal di dieng adalah anugerah yang harus dijaga.Rambut Gimbal di Dieng
  2. Fakta tentang anak yang memiliki rambut gimbal di dieng. Anak yang memiliki rambut gimbal di dieng konon memiliki perilaku yang berbeda dengan anak yang lain pada umumnya. Terutama masyarakat setempat menyebutkan bahwa biasanya mereka cenderung aktif dan nakal dibandingkan dengan akan lain pada umumnya.
  3. Semua keinginan anak berambut gimbal harus dituruti. Karena dianggap sebagai sebuah anugerah yang luar biasa bagi para orangtuanya. Maka anak berambut gimbal sangat diistimewakan di dieng. Yakni semua keinginan yang mereka minta pada saat hendak dicukur harus segera terpenuhi karena kalau tidak maka hal tersebut dipercaya akan mendatangkan mara bahaya. Hal ini akhirnya membuat para orangtua melakukan apa pun yang diminta oleh anaknya ketika anda dicukur rambut gimbalnya. Satu fakta lainnya adalah bahwa rambut gimbal tersebut hanya akan dicukur ketika waktunya tiba si anak sendiri yang meminta untuk cukur. Namun ada batasan waktu yakni sebelum mereka menginjak usia remaja, jika hal ini terlampaui maka berdasarkan kepercayaan maka rambut gimbal ini akan mendatangkan musibah.
  4. Ruatan rutin pada bulan Sura dalam kalender Jawa. Bulan Sura memang dikenal sebagai salah satu bulan paling keramat dalam penanggalan Jawa. Banyak ruwatan yang dilakukan pada bulan ini, salah satunya adalah ruwatan rambut gimbal ini. Prosesinya adalah anak berambut gimbal akan dicukur, tapi ia harus mengenakan selendang dari kain mori yang biasa digunakan untuk mengafani mayat. Selain itu, biasanya juga ada ritual dilempari uang koin dan beras kuning yang banyak dilakukan seperti saat penguburan mayat di Jawa. Hal inilah yang membuat beberapa orangtua menjadi tidak tega namun beberapa lagi masih terpaksa melakukannya.

Demikian yang dapat saya hadirkan kali ini, semoga bermanfaat!

terms: penyebab rambut gimbal, rambut gimbal dieng, rambut gimbal, Fakta gimbal dieng, orang gimbal