Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

By Categories : Kesehatan

Kopi merupakan salah satu minuman yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Kopi biasanya Diminum pada saat ingin berangkat kerja, berkumpul, atau juga untuk menyaksikan siaran sepak bola. Dengan banyaknya inovasi terhadap kopi menjadikan minuman ini tidak pernah membosankan di kalangan masyarakat. Namun senikmat apapun dari kopi tetap perlu memperhatikan dalam jumlah mengonsumsinya.

1 sampai 2 cangkir kopi dalam sehari dapat membantu proses kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih justru dapat mengganggu kesehatan tubuh. Oleh sebab itu bagi Anda yang suka mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tidak wajar sebaiknya kurangi dan batasi dalam meminumnya. Sekedar untuk informasi, berikut ini adalah beberapa efek samping terlalu banyak minum kopi!

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Dapat Memicu Rasa Gelisah

Efek dari minum kopi berlebih adalah memicu munculnya rasa gelisah. Ini dikarenakan kandungan senyawa kafein yang terdapat pada kopi. Senyawa kafein yang berlebih dapat memicu jantung untuk berdetak lebih cepat dari angka normalnya, sehingga menimbulkan rasa gelisah. Namun gejala ini tidak dialami oleh semua orang, hanya ada beberapa orang lainnya yang mengonsumsi kopi bisa menimbulkan gemetaran, serta kegelisahan.

Naiknya Asam pada Lambung

Efek samping terlalu banyak minum kopi yang berikutnya adalah naiknya asam pada lambung. Ini dikarenakan ketika minum kopi keadaan perut kosong. Hal tersebut tentu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan kondisi perut kosong, dan minum kopi akan menyebabkan naiknya asam lambung, akibatnya terjadi gangguan seperti maag. Yang perlu diingat adalah kopi mampu memproduksi asam lambung. Baca juga Mengatasi Susah Tidur

Insomnia atau Susah Tidur

Ini merupakan gejala yang sering terjadi pada kebanyakan orang. Faktor seseorang terkena insomnia memanglah banyak, salah satunya adalah karena mengonsumsi kopi secara berlebihan. Kandungan kafein dalam kopi turut menyebabkan seseorang tetap terjaga, sehingga sulit untuk tidur. Namun ada juga efek yang ditimbulkan dari insomnia yaitu kurangnya fokus, padahal tubuh sudah mengalami kelelahan. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda jangan minum kopi saat malam atau menjelang tidur.

Jantung Berdebar

Seperti pada penjelasan di atas, minum kopi dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan jantung berdetak lebih kencang. Ini tentu akan mempengaruhi kinerja dari saraf otak, sehingga minum kopi sangat tidak disarankan bagi seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi, serta penyakit jantung. Namun untuk jumlah konsumsi yang wajar kopi diperbolehkan saja.

Mengganggu Proses Penyerpan Makanan

Minum kopi dalam jumlah yang berlebihan juga dapat mengganggu proses penyerapan pada makanan tidak maksimal. Dengan minum kopi akan merangsang peristaltik yang bisa membuat makanan dengan cepat masuk ke usus kecil. Hal itu akan menyebabkan penyerapan makanan tidak baik.

Demikianlah pembahasan mengenai efek samping terlalu banyak minum kopi yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel lainnya manfaat Minum Air Putih

Loading...