Efek Samping Sulam Alis bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Sulam alis merupakan salah satu cara untuk membuat alis agar lebih teratur dan rapi. Hal ini dilakukan dengan menggunakan menanam pigmen kosmetik tertentu ke dalam kulit. Sehingga menghasilkan efek yang sama seperti saat menggunakan make up. Meskipun memiliki manfaat untuk menunjang penampilan seseorang, namun tahukah Anda hal ini memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Nah berikut adalah efek samping sulam alis bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan sulam alis.

Efek Sulam Alis

Beberapa efek samping sulam alis

Dapat tertular penyakit berbahaya

Efek samping yang pertama adalah dapat tertular penyakit berbahaya. Tahukah Anda penyakit berbahaya seperti sifilis, hepatitis, TBC dan juga AIDS merupakan penyakit yang dapat menular melalui jarum suntuk yang tidak steril. Bisa jadi jarum yang digunakan untuk menyulam alis Anda sebelumnya telah digunakan untuk menyulam alis seseorang yang memiliki penyakit menular. Dan jika hal ini terjadi, tentu saja dapat meningkatkan resiko Anda terkena penyakit tersebut.

Rentan terhadap infeksi

Yang kedua adalah rentan terhadap infeksi. Infeksi dapat disebabkan karena tinta sulam alis yang mengandung bahan kimia masuk ke dalam pori-pori dan juga peralatan yang tidak steril. Infeksi merupakan dampak buruk dari sulam alis jika tidak dilakukan oleh seseorang yang profesional. Selain alis mata membengkak, infeksi juga dapat menyebabkan alis mata yang disulam menimbulkan nanah.

Dapat menyebabkan iritasi

Efek samping sulam alis selanjutnya adalah dapat menyebabkan iritasi. Seseorang yang memiliki kulit sehat mungkin tidak akan mengalami hal ini, akan tetapi seseorang yang memiliki kulit sensitif sangat rentan sekali terhadap iritasi. Sama seperti saat mengalami infeksi, iritasi juga dapat disebabkan karena tinta yang digunakan. Jika hal ini terjadi iritasi dapat menimbulkan bercak merah di sepanjang alis mata.

Merusakan kulit epidermis

Alat sulam alis yang terbuat dari logam dan runcing dan disertai dengan jarum suntik tentu saja kedua alat tersebut mampu merusak epidermis kulit. Tak hanya itu saja, ketika benda tajam tersebut masuk ke dalam kulit yang mengenai sarap alis, ini akan menyebabkan sarap alis tersebut rusak, dan menyebabkan peredaran darah menjadi semakin tidak lancar.

Ketergantungan

Berikutnya adalah dapat menyebabkan ketergantungan. Sulam alis yang dilakukan pada umumnya hanya bersifat sementara, sehingga saat warna alis memudar, mereka akan pergi ke jasa tukang alis. Hal ini dikarenakan bulu mata mereka tidak dapat tumbuh seperti dulu lagi. Sehingga melakukan sulam alis adalah salah satu cara untuk memperbaiki penampilan agar terlihat lebih baik. Jika hal ini sering dilakukan tentu saja dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami efek samping sulam alis.

Demikilanlah ulasan mengenai efek samping sulam alis bagi kesehatan. Baca juga artikel mengenai Cara membuat alis natural ala wanita Korea.

Loading...