Efek Samping Penggunaan Kawat Gigi yang Perlu Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Kawat gigi atau yang sering disebut dengan behel awalnya digunakan seseorang untuk memperbaiki struktur gigi yang tidak rata dan rapi. Akan tetapi seiring dengan bejalannya waktu, kawat gigi juga dijadikan trend fashion bagi setiap orang. drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS, Ketua UmumPengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) menjelaskan bahwa seseorang yang memasang kawat gigi yang tidak dilakukan oleh tukang gigi profesional dapat menyebabkan berbagai macam efek samping. Baik efek samping ringan hingga berat.

efek samping penggunaan kawat gigi

Oleh karena itu, jika Anda merupakan salah satu orang penggemar pengguna kawat gigi, sebaiknya Anda mengetahui apa saja efek samping penggunaan kawat gigi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah efek samping penggunaan kawat gigi yang perlu Anda ketahui.

Dampak negatif penggunaan kawat gigi atau behel

Gigi mudah goyah

Efek samping penggunaan kawat gigi yang pertama adalah kondisi gigi yang dapat dengan mudah goyah. Semakin kuat tekanan yang diterima oleh gigi, ini akan membuat gigi lebih mudah goyah. Hal ini dikarenakan gigi dipaksa mengikuti landasan kawat gigi yang baru.

Gigi rusak

Efek samping yang kedua adalah gigi mudah rusak karena sangat sulit untuk dibersihkan. Sehingga hal ini membatasi ruang gerak Anda dalam merawat gigi behel hingga ke sela-sela. Jangankan sela gigi yang paling kecil, sela yang cukup besar pada gigi pun sangat sulit untuk dibersihkan ketika Anda menggunakan kawat gigi.

Tempat bersarangnya kuman dan bakteri

Efek samping penggunaan kawat gigi selanjutnya adalah gigi lebih mudah menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Seperti yang Anda ketahui, saat menggunakan behel, gigi sangat sulit untuk dibersihkan. Bagian gigi yang sulit dibersihkan itulah yang membuat kuman dan bakteri berkembang biak. Jika tidak segera diatasi hal ini akan menyebabkan sakit gigi serta kerusakan gigi yang sangat fatal.

Penularan penyakit

Memasang behel pada tukang gigi yang ilegal juga dapat menambah resiko buruk terkena suatu penyakit menular dan lainnya. Hal ini dikarenakan alat-alat yang ia gunakan belum terjamin kesehatannya. Oleh karena itu, jika Anda ingin memasang kawat gigi pastikan Anda mengunjungi dokter gigi yang berpengalaman dan memiliki ijin resmi. Meskipun harga lebih mahal dibandingkan dengan tukang gigi ilegal namun memasang behel di dokter gigi resmi dapat mengurangi resiko Anda terserang penyakit menular.

Menyebabkan alergi

Efek samping penggunaan kawat gigi yang terkhir adalah dapat menyebabkan alergi. Sebagian besar kawat gigi mengandung berbagai logam, kromium dan nikel. Tahukah Anda sebagian besar pasien ortodontik memiliki alergi terhadap logam tersebut. Alergi yang ditimbulkan dapat menyebabkan telinga tersumbat dan juga rasa sakit pada bagian tubuh tertentu

Nah itulah beberapa efek samping penggunaan kawat gigi yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Cara menyehatkan gigi yang benar.

loading...