Drone Canggih Cina Bakal Kalahkan Drone Amerika

By Categories : Teknologi

Negara-negara besar berlomba-lomba untuk menciptakan drone canggih yang mampu menjalankan berbagai misi seperti, pengamatan objek, pengiriman barang, mata-mata sampai untuk tujuan perang.

Drone Canggih MiliterSaat ini Amerika dikenal sebagai negara dengan konsumsi drone tertinggi. Namun beberapa tahun mendatang, Tiongkok bakal menjadi negara dengan konsumsi drone terbesar. Pada tanggal 26 juni 2014 lalu Want China Times memperkirakan China akan menjadi pengguna drone terbesar pada 2020 nanti. Dominasi ekonomi dan persaingan geopolitik menjadi sebab utama tingginya kebutuhan drone china.

Tidak hanya dari segi jumlah saja, pemerintah China juga menggelontorkan dana yang cukup besar untuk pengembangan drone yang diperkirakan dalam jangka waktu 10 tahun akan mengalahkan teknologi drone canggih buatan Amerika.

Sepuluh tahun terakhir Amerika kebutuhan yang besar akan drone memicu perkembangan teknologi drone. General Atomics, Lokheed Martin, Boeing dan Northrop Gruman adalah beberapa produsen besar yang memproduksi drone.

Majalah militer inggris Janes’s Defence Weekly menuliskan prediksinya yang menyatakan bahwa penjualan drone akan ramai di pasar Asia terutama Tiongkok, Jepang dan India. Diperkirakan kenaikan jumlah drone yang diminta mencapai 600% dari yang digunakan saat ini.

Pengembangan drone untuk kepentingan militer juga menjadi hal yang menarik diperbincangkan. International Institute for Strategic Studies merilis negara-negara yang sedang mengembangkan drone canggih yang dilengkapi dengan senjata, Negara tersebut antara lain Amerika, Jerman, Perancis, Italia, Inggris, Turki, India, Tiongkok, Rusia, Israel dan Iran.

terms: Drone tempur tercanggih rusia, satelit tercanggih buatan cina