Desain Optik Teropong Jarak Jauh Binokular

By Categories : Teknologi

Teropong jarak jauh atau binokular adalah sepasang teleskop identik yang simestris, yang dipasang dengan side by side yang bertujuan untuk diarahkan ke suatu titik pada sebuah objek. Teropong jarak jauh binokular ini adalah alat yang sangat mudah untuk di bawa kemana-mana, maka dengan menggunakan binokular sangat memungkinkan untuk melihat objek tanpa harus melakukan bongkar pasang. Sebagian besar ukuran binokular ditujukan untuk dipegang menggunakan kedua tangan. Dan ada juga yang berukuran kecil seperti yang banyak digunakan pada saat pertunjukkan bola atau pertunjukkan panggung hingga melihat kejadian aneh di luar angkasa.
Prisma Porro

Teropong binokular sendiri memiliki tiga desain optik dasar yaitu prima poro, prisma roof dan prisma poro terbalik. Nah untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai desain optik jaral jauh binokular. Maka langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Desain Optik Teropong Jarak Jauh Binokular

Prisma Porro

Nama binokular prisma porro ini berasal dari nama ahli optik yang bernama Ignasio Porro yang telah mematenkan alat yang berbentuk kaca prisma tersebut. Prisma porro dalam teropong jarak jauh ini berfungsi untuk membalikkan gamba yang dihasilkan dari lensa objektif. Maka dengan demikian dengan menggunakan prisma porro akan dapat menghasilkan gambar yang lebih tegak pada lensa okuler. Manfaat lain dari menggunakan desain optik teropong jarak jauh prisma porro adalah bermanfaat untuk memperpendek ukuran panjang binokular dengan cara membolak-balikanĀ  jalur cahaya sesuai dengan keinginan.

Prisma Roof

Desain optik teropong jaak jauh binokular prisma roof ini pertama kali digunakan pada tahun 1970-an oleh Acchille Victor Emile Daubresse. Prisma roof ini memiliki bentuk yang lebih ramping dibandingkan dengan prisma porro. Sedangkan untuk pemokusannya dilakukan dengan menggerakkan lensa yang berada di dalam tabung binokular atau yang disebut dengan pemokusan internal. Selain itu prisma roof juga memiliki kekurangan yaitu gambar yang dihasilkan tidak seterang model prisma porro. Untuk mengatur keselarasan optik prisma roof memerlukan jarak prisma yang sangat kecil dan jika ingin menghasilkan presisi yang tinggi maka harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik.

Prisma Porro Terbalik

Untuk model desain optik prisma porro terbaik ini memiliki jarak antara eyepieces dengan lensa objektif cukup besar. Selain itu untuk prisma porro terbalik menggunakan sistem pemokusan internal dengan menggunakan lensa objektif yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan kedua desain optik teropong jarak jauh yang dia atas. Maka wajar saja jika untuk prisma porro terbalik ini memiliki harga yang lebih murah.

Nah itulah beberapadesain optik teropong jarak jauh yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Pesawat Tempur Tercanggih Saat Ini.