Dampak Tidur Terlalu Lama yang Perlu Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Istirahat bisa dilakukan salah satunya dengan tidur. Tidur menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap orang untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar. Untuk waktu tidur yang baik paling tidak selama 8 jam tidak lebih. Anda perlu berhati-hati ketika waktu tidur terlalu lama dari waktu normal. Tidur lebih dari 8 jam menurut beberapa penelitian justru tidak baik untuk kesehatan tubuh. Lalu Pertanyaannya apa saja dampak tidur terlalu lama?

Dampak Tidur Terlalu Lama yang Perlu Anda Ketahui

Berikut Dampak Tidur Terlalu Lama

Menimbulkan Penyakit Diabetes

Berdasarkan penelitian menunjukkan ketika seseorang tidur lebih lama dalam kurun waktu lebih dari 8 jam memberikan efek negatif untuk tubuh. Salah satu dampak tersebut adalah menimbulkan resiko penyakit diabetes. Bagi Anda yang memiliki riwayat genetik diabetes, sebaiknya mulai sekarang jangan terlalu lama tidur. Anda dapat mengalihkannya dengan melakukan olahraga.

Memicu Resiko Terkena Penyakit Jantung

Dampak tidur terlalu lama yang berikutnya adalah mampu memicu resiko terkena penyakit jantung. Selain diabetes, resiko penyakit jantung juga menghampiri bagi seseorang yang tidur terlalu lama lebih dari 8 jam. Berdasarkan beberapa penelitian yang ada bagi seseorang tidur selama kurun waktu 9 sampai 12 jam kemungkinan besar dapat terkena serangan jantung, meskipun dalam waktu lama.

Penurunan Dalam Kemampuan Mengingat

Tidur dalam waktu lebih dari 8 jam juga akan berpengaruh pada kinerja dari otak. Kebiasaan buruk ini akan meperlambat dari fungsi sel dari otak, sehingga akan menimbulkan penuaan lebih cepat dibandingkan biasanya.

Sakit Kepala Berkepanjangan

Sakit kepala atau pusing menjadi dampak berikutnya tidur terlalu lama. Tentu setiap orang akan merasakan sakit kepala atau pusing ketika terlalu lama tidur. Dampak inilah yang menjadikan rasa kurang nyaman ketika setelah bangun tidur terlalu lama. Ini dikarenakan neurotransmitter di otak yang akan mengarah pada masalah sakit kepala.

Memicu Rasa Depresi

Terdapat banyak penelitian mengenai depresi yang sering menimpa orang. Menurut berdasarkan penelitian, orang yang mengalami depresi cenderung menggunakan waktunya untuk tidur.

Memicu Sakit Punggung

Dampak tidur terlalu lama selanjutnya adalah sakit punggung. Bahkan hal ini diperkuat dengan beberapa ahli kesehatan yang sudah melakukan berbagai penelitian. Dengan banyak menggunakan waktu tidur, ini akan mempengaruhi kurangnya gaya hidup aktif. Untuk itu sebaiknya mengimbangi aktivitas dengan olahraga dan juga istirahat.

Obesitas

Banyak makan ditambah dengan banyak tidur akan menimbulkan berat badan berlebih atau disebut dengan obesitas. Menurut sebuah studi bahwa orang yang terlalu banyak tidur, sekitar 21% lebih tinggi terkena akan obesitas atau kelebihan berat badan dibandingkan dengan orang yang memiliki batas tidur normal.

Demikianlah tadi  dampak tidur terlalu lama yang bisa Anda ketahui.

Baca juga Cara mengatasi kram kaki.

Loading...