Dampak Mie Instan bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Hampir semua orang mengetahui bahaya dari makanan yang bersifat instan. Namun biasanya sebagian orang mengabaikan akan hal tersebut. Padahal bahaya dapat mengancam kesehatan tubuh. Sekarang ini makanan cepat saji memang beragam dan banyak salah satunya yang tentu sudah tidak asing di telinga kita adalah mie instan. Mie instan memang cara mudah dalam menyajikan, dan memiliki rasa yang beragam sehingga banyak orang menyukainya. Namun agar Anda mengetahuinya pembahasan kali ini membahas mengenai dampak mie instan bagi kesehatan. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, simak ulasan dibawah ini!

Dampak Mie Instan bagi Kesehatan

Dampak Mie Instan bagi Kesehatan

Mie Instan termasuk Junk Food

Makanan mie instan yang memiliki rasa yang beragam dan enak untuk dimakan ternyata tidak baik untuk kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi. Mie instan juga dapat digolongkan sebagai junk food. Kandungan yang terdapat di dalamnya seperti karbohidrat yang tinggi, tetapi tidak diimbangi dengan serat dan vitamin. Selain itu semua, kandungan yang terdapat dalam mie instan seperti lemak jenuh cukup tinggi sehingga akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh. Baca juga Tips Memilih Batik yang Tepat

Mie Instan Mengandung Sodium

Kandungan sodium yang terdapat pada mie instan cukup tinggi, hal tersebut tentu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Sodium yang tinggi mampu memicu terjadinya tekanan darah tinggi, ancaman serangan jantung, kerusakan pada ginjal (Baca juga Cara Menjaga Kesehatan Ginjal), serta stroke. Penyakit tersebut akan sangat rentan terhadap seseorang yang menyukai mie instan secara terus menerus.

Bahaya untuk Sistem Pencernaan

Dampak mie instan bagi kesehatan selanjutnya adalah pada sistem pencernaan. Ketika orang mengkonsumsi mie instan setiap hari maka akan berdampak buruk juga pada sistem saluran pencernaan. Hal ini akan menyebabkan gangguan atau susah untuk buang air besar dan juga tubuh terasa tidak nyaman.

Dapat Menyebabkan Kegemukan

Mie instan ternyata juga dapat menyebabkan kegumukan atau penambahan berat badan jika mengkonsumsinya terlalu sering. Hal ini disebabkan karena adanya sodium dan juga kandungan lemak yang tinggi pada mie instan. Dengan begitu akan menyebabkan penumpukan lemak dalam jumlah yang besar dan lemak tersebut tidak dapat diserap oleh tubuh. Nah jadi tidak heran jika mengkonsumsi mie instan secara berlebih akan menambah berat badan.

Dapat Menyebabkan Penyakit Kanker

Dampak mie instan bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat menyebabkan penyakit kanker pada tubuh. Dalam jangkau waktu yang lama, mie instan mampu menimbulkan penyakit kanker. Nah oleh karena itu alangkah baiknya jika mengkonsumsi mie instan harus direbus terlebih dahulu dan air rebusan dibuang. Hal tersebut dapat mengurangi resiko dari kanker, tetapi perlu diingat jangan terlalu sering  dalam mengkonsumsinya.

Itulah tadi pembahasan mengenai dampak mie instan bagi kesehatan, ada pula dampak lain seperti mampu menghambat nutrisi dalam tubuh, mengganggu metabolisme pada tubuh, dan lainnya. Baca juga artikel Khasiat Buah Apel bagi Ibu Hamil

Loading...