Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan semua makhluk hidup, termasuk para hewan. Untuk manusia tidur adalah kegiatan yang dilakukan untuk menenangkan pikiran dan juga tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Salah satu manfaat tidur yang teratur adalah tubuh akan terasa lebih segar, dan bugar apalagi jika ditambah dengan olahraga setiap pagi.

Pada umumnya tidur yang sehat adalah 8 jam sehari, tetapi ketika kurang dari 8 jam sehari maka dapat mengakibatkan dampak yang cukup serius bagi kesehatan tubuh. Biasanya alasan orang kurang tidur adalah terjadi insomnia atau kurang tidur saat malam hari. Insomnia merupakan gangguan susah tidur yang tidak diinginkan banyak orang.

Untuk mengatasi hal tersebut terdapat cara untuk mengatasi susah tidur. Selain itu banyak orang juga begadang sampai malam hari, sehingga akan mengurangi waktu untuk tidur. Nah bagi Anda yang biasa begadang sampai larut malam, sebaiknya kurangi dari sekarang karena memiliki dampak yang kurang baik. Berikut ini adalah dampak kurang tidur bagi kesehatan!

beautiful legs in spa

Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan

  • Kehilangan fokus ketika berkendara. Dampak kurang tidur yang satu ini memang sangat berbahaya, apalagi ketika seseorang kehilangan fokus ketika berkendara. Ini dikarenakan jika waktu tidur Anda saat malam hari kurang, berdampak untuk keesokan harinya seperti masih ada rasa ngantuk yang berlebih. Yang bahaya lagi adalah saat mengendarai mobil atau sepeda motor kehilangan fokus yang dapat berakibat terjadi kecelakaan. Oleh sebab itu perhatikanlah kualitas tidur yang baik.
  • Hilangnya konsentrasi saat belajar. Bagi Anda seorang pelajar tentu mengalami kehilangan fokus dan konsentrasi saat belajar. Bagi pelajar yang suka begadang tentu akan kehilangan daya fokus dan konsentrasi pikiran mereka. Ini akibat dari kurangnya waktu tidur saat malam hari, sehingga akan susah untuk belajar dan mengganggu proses belajar di sekolah.
  • Menurunnya Kondisi Kesehatan. Dampak kurang tidur bagi kesehatan yang berikutnya adalah menurunnya kondisi
    kesehatan bagi tubuh. Berbagai penyakit akan mengancam bagi mereka yang terbiasa kurang tidur. Penyakit tersebut diantaranya seperti resiko terkena serangan jantung, stroke, bahkan juga diabetes. Nah oleh sebab itu maksimalkan waktu untuk tidur 8 jam sehari.
  • Resiko obesitas. Obesitas atau kegemukan¬†tentu tidak diinginkan oleh banyak orang. Kegemukan akan mengurangi rasa percaya diri pada seseorang. Ketika pada malam hari tetap terjaga, akan terjadi meningkatnya rasa lapar, serta hasrat untuk ingin makan. Dengan makan saat malam hari dapat memicu obesitas pada tubuh.
  • Efek kurang tidur yang kelima adalah kulit terlihat lebih tua dan kusut. Wajah yang pucat dan kulit terlihat kusut merupakan akibat dari kurang tidur. Dalam hal ini bagi mereka yang terbiasa begadang, pagi harinya akan terlihat kurang segar, serta wajah terlihat kusam. Ini akan nampak pada kulit area wajah, serta mata.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai dampak kurang tidur bagi kesehatan. Adapun dampak lainnya seperti rasa pusing di kepala, meningkatnya resiko stres yang berlebih. Baca juga artikel terkait lainnya Makanan untuk Penderita Asam Urat

Loading...