Dampak Buruk Menggunakan Earphone

By Categories : Kesehatan

Headset atau earphone atau disebut juga dengan headphone merupakan alat yang biasa digunakan untuk mendengarkan musik. Dengan menggunakan headset atau earphone, musik akan terasa lebih jelas untuk kita dengarkan. Namun anda perlu waspada jika menggunakan earphone secara berlebihan, karena akan menimbulkan efek negatif pada telinga dan otak.

Berdasarkan penelitian yang ada, kemungkinan efek buruk akan datang ketika seseorang menggunakan earphone selama lima jam lebih dalam seminggu dengan tingkat yang tinggi atau melebihi batas normal. Untuk menghindari hal tersebut sebagai pengguna jangan terlalu berlebihan dalam penggunaannya. Agar anda mengetahuinya, berikut pembahasan mengenai dampak buruk menggunakan earphone secara berlebihan dalam arti dengan tingkat volume yang tinggi dan sering.

dampak buruk mendengarkan headset

Dampak Buruk Menggunakan Earphone

Menyebabkan Kerusakan Permanen pada Telinga

Dampak buruk menggunakan earphone secara berlebih yang pertama adalah menyebabkan kerusakan permanen pada telinga. Hal ini bisa terjadi jika telinga sudah tidak kuat dalam menanggung beban suara yang keras dari earphone yang langsung terhubung dengan sistem pendengaran telinga. Biasanya, hal ini akan terjadi pada mereka yang berusia muda atau remaja, khususnya bagi yang menggunakan earphone dengan tingkat suara yang tinggi.

Menyebabkan Pengaruh Buruk pada Otak

Gelombang elektormagnetik dari earphone atau headset ini casino spiele kemungkinan besar berpengaruh terhadap otak. Penelitian tersebut dilakukan oleh Committie on Emerging and Newly Identified Helat Risk. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari earphone dapat mengganggu kinerja listrik pada otak. Walaupun belum terbukti kuat namun dugaan akan kebenarannya mengenai pemakaian earphone yang dapat mengganggu kinerja otak. Baca Juga Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia

Gangguan Pendengaran di Usia Muda

Dampak buruk menggunakan earphone terlalu sering berikutnya adalah gangguan pendengaran pada usia muda. Batas normal volume headset adalah antara 0 sampai dengan 40 desibel untuk orang dewasa. Jika melebihi batas yang sudah ditentukan maka akan berakibat fatal pada sistem pendengaran. Berdasarkan penelitian yang ada, efek penggunaan earphone secara berlebih memang tidak terasa langsung melainkan secara perlahan. Biasanya efek akan mulai terasa di usia muda sekitar 20-an ke atas. Di usia yang masih muda, si penderita akan mulai terganggu pendengarannya.

Lalu, Bagaimana Jika Menggunakan Headset atau Earphone?

Memang penggunaan headset atau earphone digunakan ketika keadaan ruangan sedang ramai atau ingin mendengarkan musik dengan lebih jelas. Namun perlu di ingat ketika anda sudah merasa cukup lama dalam mendengarkan lebih baik anda melepas earphone untuk sementara. Selain itu anda juga perlu memperhatikan tingkat volume untuk suara tingkat ringan orang dewasa sekitar 25 sampai 40 desibel, untuk anak-anak sekitar 20 sampai 40 desibel. Para peneliti menyarankan untuk mendengarkan musik jangan melebihi angka diatas. Biasanya pada smartphone sudah terdapat peringatan jika mendengarkan volume terlalu tinggi.

Nah itulah informasi mengenai dampak buruk menggunakan earphone jika terlalu sering. Sekian dan semoga bermanfaat pembahasan kali ini, baca juga artikel Tips Membersihkan Kamar Mandi

Loading...