Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta

By Categories : Wisata

Sejumlah tempat di Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata bagi kebanyakan orang. Rata-rata tempat wisata di Yogyakarta terkenal di kalangan turis lokal maupun turis mancanegara. Jogja merupakan kota yang dipimpin oleh seorang Sultan dan dikenal dengan memiliki keindahan alam yang menarik. Tidak hanya tempat wisata yang mempesona, tetapi juga tersedia beberapa tempat wisata kuliner yang menggoda. Bagi Anda yang berasal dari luar kota yang belum mengetahui tempat wisata apa saja yang ada di Yogyakarta, berikut ini ulasan yang dapat Anda jadikan bahan referensi.

Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta

Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta

Malioboro

Malioboro merupakan sebuah jalan yang menjadi favorit bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu ketika berkunjung di Yogyakarta. Ketika berkunjung ke Malioboro, maka Anda dapat berbelanja sesuka hati Anda yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Kawasan ini menjadi tempat tujuan wisata belanja para pengunjung. Tidak hanya seputar barang untuk cinderamata, tetapi juga tersedia aneka kuliner khas Yogya. Di malam hari tempat ini semakin ramai akan pengunjung. Para pengunjung dapat bersantai di depan monument serangan 11 Maret, atau sekedar jalan-jalan.

Candi Prambanan

Candi Prambanan menjadi candi umat Hindu termegah di Indonesia, dan menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Candi Prambanan menjadi salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Candi Prambanan terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ketika senja datang, Anda dapat melihat pemandangan berupa gradasi bangunan candi akibat terkena sinar matahari yang mulai tenggelam. Selain itu ketika berada jarak dekat, maka dapat melihat arsitektur candi yang mempesona dan memiliki nilai klasik dan bersejarah.

Pantai Parangtritis

Wisata Pantai Parangtritis menjadi destinasi yang cukup menarik bagi kalangan wisatawan. Pantai ini dianggap masyarakat setempat sebagai tempat suci dan dianggap kramat. Konon katanya berdasarkan legenda yang ada tempat ini merupakan kediaman Ratu Kidul. Oleh sebab itu para pengunjung dilarang menggunakan pakaian dengan warna hijau ketika mengunjungi pantai ini. Gemuruh ombak, dan udara yang segar menjadi daya pikat tempat wisata ini. Baca juga Tips Menambah Berat Badan

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata sejarah. Tempat ini memiliki nilai sejarah dengan karya arsitektur tradisional Jawa. Keraton Yogyakarta selesai dibangun tahun 1790. Tempat inilah yang menjadi kegiatan Sultan Yogyakarta. Cara terbaik menikmati tempat wisata di tempat ini adalah dengan berjalan di sekitar istana dan melihat setiap detail yang ada. Bangunan megah ini menjadi kesenian Jawa yang memiliki budaya dan ragam agama. Oleh karena itu tempat ini cocok juga untuk wisata pendidikan.

Taman Pintar Yogyakarta

Setelah Keraton Yogyakarta, wisata yang satu ini berisikan wahana seputar pendidikan dan pengetahuan. Taman Pintar Yogyakarta sangat bermanfaat untuk para pelajar. Di tempat ini terdapat laboratorium yang dikemas sebagai tempat rekreasi. Tempat ini terbuka untuk umum dan juga untuk rombongan pelajar. Untuk pelengkap terdapat food court, area bermain, audivisuao, dan juga ruang pertemuan.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta, terdapat wisata lain seperti Resor Kaliurang, Museum Sonobudoyo, Candi Plaosan, dan wisata lainnya. Baca juga artikel terkait lainnya Tips Liburan Hemat ke Malaysia