Daftar Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya

By Categories : Wisata

Kota Solo atau dikenal dengan Surakarta merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Karena letaknya yang cukup strategis, kota Solo kerap dikunjungi para pendatang baru yang berasal dari luar daerah. Selain memiliki objek wisata kuliner yang wajib untuk dikunjungi ketika berada di Solo, kota ini juga memiliki berbagai pesona wisata yang tak kalah menarik dengan kota lain yang berada di Jawa Tengah. Apa sajakah tempat wisata di Solo?

Tempat Wisata di Solo

Berikut Daftar Tempat Wisata di Solo yang Bisa Anda Kunjungi

Grojogan Sewu Tawangmangu

Daftar tempat wisata di Solo yang pertama adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Tempat wisata alam ini terletak di sebelah barat Gunung Lawu. Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan wisata alam air terjun yang memiliki keindahan alam serta menyimpan banyak pesona alam tersendiri. Dari kota Solo, tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 37 km yang letaknya di sebelah timur kota Solo. Bagi Anda yang suka dengan pesona alam, tempat wisata ini wajib untuk dikunjungi.

Keraton Surakarta

Tempat wisata berikutnya adalah Keraton Surakarta. Tidak hanya ada di Yogyakarta, di Solo juga terdapat keraton Surakarta sebagai tempat wisata. Di tempat wisata ini para pengunjung dapat melihat koleksi benda kuno pada museum. Selain itu bagi mereka yang hobi berfoto bisa juga untuk berfoto dengan para prajurit keraton yang menjaga Keraton Surakarta. Adapaun kereta kencana turut menjadi banyak perhatian para pengunjung tempat ini.

Air Terjun Jumog

Tidak kalah dengan air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, Air Terjun Jumog juga menyimpan banyak pesona alam di dalamnya. Jarak dari Air Terjun Jumog dari kota Solo sekitar 40 km. Di tempat ini para pengunjung dapat melihat pesona alam dan panorama indah. Sebagai pecinta alam, tempat ini wajib untuk dikunjungi ketika sedang berkunjung di kota Solo.

Museum Manusia Purba Saringan

Selanjutnya adalah Museum Manusia Purba Saringan. Untuk tempat ini akan lebih cocok bagi mereka yang menyukai tentang sejarah masa lampau. Di tempat ini terdapat banyak fosil manusia sekitar 2 juta tahun sampai dengan umur 200.000 tahun yang lalu. Sekitar 13.000 koleksi fosil manusia purba terdapat di tempat ini. Museum Manusia Purba Saringan merupakan museum paling lengkap di Asia dengan berbagai koleksi termasuk fosil hewan, tumbuhan, alat yang digunakan manusia purba, dan juga bebatuan.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan taman yang terletak di Kecamatan Lawiyan yang terkenal dengan sejarah. Pada zaman dahulu tempat ini dibuat guna rekreasi para keluarga kerajaan. Namun sekarang ini Taman Sriwedari menjadi salah satu tempat wsata di Solo yang wajib untuk dikunjungi. Selain itu di tempat ini juga mempertunjukkan kesenian wayang dengan tema Ramayana serta Mahabarata.

Selain tempat wisata Anda juga harus menikmati beberapa kuliner khas Solo. Kuliner khas Solo sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Berikut oleh-oleh khas Solo yang perlu Anda ketahui.

Oleh-oleh Khas Solo

Amyang

Ampyang merupakan jajan tradisional Solo yang memiliki rasa manis dan legit. Makanan ini terbuat dari kacang dan gula jawa yang dilelehkan. Untuk membuatnya kuda bahan tersebut dimasukan ke dalam cetakan. Anda dapat dengan mudah menemukan jajan ini di berbagai pusat oleh-oleh khas Solo. Harga untuk satu kotak amyang juga cukup murah, yakni sekitar 5 ribu rupiah. Makanan ini kerap diburu para wisatawan yang berkunjung ke Solo.

Abon Mesran Solo

Setelah Anda mengunjungi beberapa tempat wisata di Solo, selanjutnya Anda harus mencoba Abon Mesran Solo. Makanan yang terbuat dari bahan dasar daging sapi dan ayam ini dikenal memiliki rasa yang lezat di Solo. Abon ini sangat cocok disajikan dengan nasi hangat pulen. Untuk mendapatkan Abon Mesran Solo Anda dapat menuju ke Kalilarangan. Abon ini cukup terjangkau, yakni seharah 30 ribu rupiah per kemasan. Karena memiliki rasa yang khas, abon ini dapat dijadikan oleh-oleh untuk anggota keluarga atau teman dekat.

Intip Goreng Manis

Intip goreng manis merupakan oleh-oleh khas Solo selanjutnya yang bisa Anda beli. Intip merupakan kerak nasi yang dihasilkan saat menanak nasi secara tradisional. Namun seiring berkembangnya zaman, banyak orang yang mulai memasak nasi menggunakan alat penanak. Sehingga sangat sulit untuk menemukan jajanan tradisional ini. Intip merupakan makanan khas Solo yang memiliki rasa legit dari gula jawa.

Roti Kecik Ganep

ini merupakan makanan yang sering diburu para wisatawan saat berkunjung ke Solo. Roti ini terbuat dari tepung ketan dan memiliki rasa yang khas serta tahan lama. Roti Kecik Ganep merupakan jenis roti kering yang berbentuk lonjong sebesar jari telunjuk.

Nah itulah tadi beberapa daftar tempat wisata di Solo dan Sekitarnya yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Tempat wisata di Semarang.