Daftar Tempat Rekreasi di Jakarta Paling Populer

By Categories : Wisata

Tempat rekreasi di Jakarta memang sangat beragam, mulai dari wisata sejarah hingga wisata keluarga yang selalu ramai di akhir pekan. Meskipun menjadi kota terbesar di Indonesia dan selalu sibuk, tetapi banyak warga Jakarta ataupun pengunjung dari berbagai daerah yang senang untuk berkeliling kota ini.

Jakarta merupakan ibukota Indonesia dan kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara. Dengan penduduk lebih dari 10 juta jiwa menjadikan Jakarta sebagai kota yang padat penduduk. Jakarta menjadi pusar pemerintahan, pusat kebudayaan, dan pusat bisnis di Indonesia. Dibalik itu semua, ternyata masih ada banyak tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi.

tempat rekreasi di jakarta

Dengan infrastruktur kota yang sangat modern, Anda dapat menjumpai berbagai macam tempat rekreasi di Jakarta dari wisata alam, wisata buatan, hingga bermacam-macam hiburan dengan nuansa modern dan tempat nongkrong. Kondisi Jakarta yang semakin padat dengan pemukiman serta gedung pencakar langit, tidak menyurutkan para wisatawan untuk berkunjung melepaskan penak ke tempat-tempat wisata di ibukota Indonesia ini.

Tempat Rekreasi di Jakarta yang Populer

Sebutan sebagai kota yang semrawut, macet, dan banjir memang tidak dapat dipungkiri, namun kota Jakarta tidaklah seburuk yang Anda duga. Masih terdapat tempat-tempa asyik untuk berkumpul bersama keluarga atau sahabat, terutama di akhir pekan. Berikut beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi.

Monumen Nasional (Tugu Monas)

Monumen dengan tinggi 132 meter ini dibangun oleh Presiden Soekarno dengan mahkota menyerupai lidah api yang dilapisi lembaran emas. Monas dibangun untuk mengenang perlawanan serta perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari Hindia Belanda. Hingga saat ini Monas menjadi museum di Jakarta yang sering dikunjungi dan menjadi tempat wisata keluarga yang sangat populer. Pada bagian dasar bangunan ini terdapat Museum Sejarah Nasional yang berukuran 80 x 80 meter. Jika Anda ingin mencapai puncak Monas maka Anda dapat menggunakan lift. Dari puncak Monas Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang cukup padat dengan gedung pencakar langitnya. Untuk masuk ke Monas Anda cukup dikenakan biaya Rp 5 ribu, dan jika naik ke puncak dikenakan biaya Rp 10 ribu.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tidak hanya populer bagi warga Jakarta saja, TMII juga merupakan tempat rekreasi di Jakarta yang disukai oleh wisatawan dari luar kota. Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang mayoritas anak-anak dan orang tua. Di Taman Mini Indonesia Indah terdapat wahana menarik yang bisa Anda nikmati seperti Kolam Renang Snow Bay, Kereta Gantung, Taman Among Pura, Taman Ria Atmaja, dan wahana menarik lainnya.

Kepulauan Seribu

Salah satu wisata alam yang paling sering dikunjungi warga Jakarta di akhir pekan adalah Kepulauan Seribu. Ini merupakan objek wisata yang terdapat sebelah utara Jakarta dan terdiri dari beberapa pulau kecil. Beberapa pulau yang cuku populer adalah Pulau Bidadari, Pulau Harapan, Pulau Tidung, dan Pulau Pari. Pulau-pulau tersebut menawarkan suasana yang santai sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama sahabat ataupun keluarga. Di sini Anda akan menikmati berbagai aktivitas mulai dari diving, senorkeling ataupaun sekedar jalan-jalan sambil menikmati sunset ketika senja. Pemerintah Provinsi Jakarta saat ini sudah menyediakan sarana akomodasi yang baik di Kepulauan Seribu, dengan tujuan agar para pengunjung semakin betah dan menjadikan tempat wisata yang favorit untuk dikunjungi.

pulai seribu

Dunia Fantasi (Dufan)

Tempat rekreasi di Jakarta yang populer selanjutnya adalah Dufan. Ini merupakan objek wisata di Jakarta yang memiliki banyak wahana menarik yang dapat memanjakan pengunjung. Dufan dibagi menjadi beberapa spot yang disesuaikan dengan negara-negara besar di dunia seperti spot bernuansa Amerika, Eroba, dan Indonesia. Yang menarik adalah masing-masing spot sudah dilengkapi dengan berbagai macam permainan atau wahana yang lengkap, seperti kolam renang dengan ukuran besar hingga wahana yang dapat memacu adrenalin.

Kebun Binatang Ragunan

Tempat rekreasi ini sudah berdiri sejak 1864 dengan luas sebesar 147 hektar serta memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa. Kebun binatang yang sangat populer di Jakarta ini ditumbuhi sekitar 50.000 pohon sehingga memiliki suasana yang sejuk dan nyaman. Suasana tersebut sangat disukai oleh orang tua dan anak- anak. Kebun binatang Ragunan bahkan mampu memberikan edukasi serta pengenalan tentang berbagai macam satwa kepada anak-anak. Tiket masuk ke objek wisata ini cukup murah, yakni Rp 4 ribu untuk orang dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak-anak.

Sea World Ancol

Objek wisata ini masih berada dalam kawasan Ancol Dreamland. Sea World Ancol merupakan destinasi yang menawarkan pengetahuan kepada para pengunjung mengenai biota laut. Sea World Ancol ini memiliki ribuan koleksi ikan dan reptil. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan atau libur panjang. Untuk tiket masuk Anda akan dikenakan biaya Rp 80 ribu pada hari Senin-Jumat dan Rp 90 ribu untuk Sabtu, Minggu, dan haru Libur

baca juga : tempat wisata di Bandung

Itulah beberapa tempat rekreasi di Jakarta yang dapat Anda kunjungi.

loading...