Daftar Makanan yang Mengandung Kalium

By Categories : Makanan

Selain vitamin, tubuh juga memerlukan beberapa nutrisi untuk menjaga kesehatan. Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi dalam setiap harinya adalah kalium atau yang biasa disebut dengan potasium. Dalam setiap hari Anda harus memenuhi kalium sebesar 4.700 miligram. Sangat penting sekali memenuhi nutrisi yang satu ini. Karena fungsi utama dari kalium adalah untuk mengatur tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh dan juga untuk menjaga fungsi saraf dan otot. Seseorang yang kekurangan kalium dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kaki kram ataupun tangan dan kaki sering kesemutan. Lalu apa saja makanan yang mengandung kalium yang dapat dikonsumsi dalam setiap harinya? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Daftar Makanan yang Mengandung Kalium

Daftar makanan kaya akan kalium

Sukun

Makanan yang pertama adalah sukun. Selain mengandung serat yang sangat tinggi, salah satu makanan pengganti nasi yang satu ini juga kaya akan kalium. Dalam 100 gram sukun mengandung sekitar 1065 mg kalium.  Tentu saja mengonsumsi buah sukun secara teratur dapat membuat kerja dan jantung dan saraf lebih baik.  Selain buah sukun juga sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang menderita diabetes karena dapat membantu untuk mengontrol kadar gula yang berlebih.

Alpukat

Banyak orang yang menghindari buah alpukat karena buah ini dianggap dapat menyebabkan kegemukan karena kandungan lemaknya. Namun hal tersebut sangatlah salah, karena lemak yang terkandung dalam buah alpukat merupakan lemak baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, buah alpukat juga mengandung kalium, dalam 100 gram alpukat mengandung 975 mg kalium. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh.

Jambu merah

Makanan yang mengandung kalium selanjutnya adalah jambu merah. Selain memilki rasa yang enak, jambu merah juga kaya akan vitamin serta nutrisi yang baik. Buah yang satu ini mengandung 655 mg dalam setiap 100 gramnya. Namun tak hanya itu saja, rutin mengonsumsi jambu merah juga berguna untuk mencegah tubuh kekurangan cairan, mendukung kerja otot dan jantung serta dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Pisang

Hampir setiap orang pasti pernah mengonsumsi buah pisang. Dari semua jenis buah, buah pisang merupakan salah satu buah yang mudah didapatkan. Meskipun mengandung kalori yang tinggi, akan tetapi pisang tidak dapat menambah berat badan Anda. Selain itu, pisang juga kaya kalium yang terbukti dapat membuat sistem kerja otot dan saraf menjadi lebih baik.

Kentang

Berikutnya adalah kentang, sama seperti buah sukun kentang juga merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang mengandung berbagai macam nutrisi. Dalam 100 gram kentang mengandung 945 kalium. Kandungan fitonutrisi berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Sedangkan vitamin C juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta dapat mengurangi resiko kanker.

Demikianlah ulasan mengenai makanan yang mengandung kalium yang dapat Anda konsumsi. Selain makanan diatas, kacang-kacangan, kurma, bayam, talas, ubi jalar, seledri, sawi dan pir juga merupakan makanan kaya akan kalium.

Baca juga daftar makanan yang mengandung asam folat.

Loading...