Daftar Makanan yang Mengandung Asam Folat

By Categories : Makanan

Asam folat atau yang biasa dikenal dengan vitamin B9 merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan asam folat memiliki beberapa peranan seperti pertumbuhan dan regenerasi sel, perbaikan DNA, pembentukan sel darah merah dan juga asam folat juga merupakan nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Pada ibu hamil sendiri asam folat berguna untuk mencegah cacat pada janin serta lahir prematur. Sementara pada lansia, asam folat berguna untuk mencegah resiko alzheimer. Agar tubuh tetap sehat, tak ada salahnya untuk selalu rutin mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Berikut adalah makanan kaya akan asam folat yang dapat Anda konsumsi.

Daftar Makanan yang Mengandung Asam Folat

Inilah makanan yang mengandung asam folat tinggi

Seledri

Sayuran hijau yang satu ini merupakan salah satu sayuran yang sering dimanfaatkan sebagai campuran makanan. Seledri kaya akan beberapa vitamin dan nutrisi seperti vitamin C, riboflavin dan juga asam folat. Kandungan asam folat pada seledri sangat berguna untuk para penderita anemia dan juga ibu hamil. Jenis makanan rendah kolesterol yang satu ini sangat cocok Anda konsumsi secara langsung  ataupun sebagai campuran masakan.

Bayam

Sama seperti seledri, bayam juga merupakan salah satu sayuran yang sangat mudah didapatkan dan sering dikonsumsi. Selain mengandung asam folat, bayam juga mengandung serat yang tinggi. Sehingga mengonsumsi bayam secara rutin mampu melancarkan pencernaan Anda. Bayam juga kaya akan thiamin, riboflavin, vitamin B kompleks yang sangat penting untuk mendukung kehamilan dan menghindari cacat pada janin.

Buah bit

Buah yang sering dikonsumsi sebagai jus ataupun salad ini juga merupakan makanan yang mengandung asam folat tinggi. Buah bit atau yang biasa disebut dengan buah merah memiliki bentuk seperti umbi. Tak hanya kaya akan asam folat yang berguna untuk menjaga kehamilan. Manfaat buah bit sendiri berguna untuk mengatasi diabetes, menurunkan kolesterol jahat, menyehatkan mata, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi khasiat dari buah yang satu ini.

Brokoli

Siapa yang tidak mengenal yang satu ini? Brokoli adalah sayuran hijau yang juga sering dikonsumsi. Bagian brokoli yang dapat dimakan adalah daging sayuran yang berbentuk seperti bintik-bintik hijau kecil. Kandungan asam folat, vitamin C dan juga kalsium pada sayuran hijau ini dapat membuat tubuh lebih segar serta dapat terhindar dari kolesterol jahat.

Pepaya

Berikutnya adalah pepaya. Buah yang berbentuk panjang ini memiliki rasa yang manis dan lezat. Maka jangan heran jika banyak orang yang menyukainya. Selain rasanya yang enak, pepaya juga kaya akan nutrisi dan vitamin. Dalam 100 gram buah pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, serat dan juga asam folat. Kandungan serat pada pepaya berguna untuk melancarkan pencernaan Anda.

Demikianlah ulasan mengenai makanan yang mengandung asam folat tinggi.