Daftar Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah

By Categories : Kesehatan

Memiliki tubuh yang sehat  adalah harapan bagi setiap orang. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan tubuh sehat dan terbebas dari penyakit, yaitu dengan olahraga secara teratur serta mengonsumsi makanan yang sehat. Jika berbicara tentang makanan sehat, ada pula makanan yang dapat melancarkan peredaran darah. Tubuh seseorang yang memiliki sistem peredaran yang lancar tentu saja dapat membuat kinerja seluruh organ tubuh lebih baik.

Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah

Seperti yang kita ketahui, darah merupakan cairkan yang berfungsi sangat vital untuk setiap mahkluk hidup, termasuk manusia. Darah yang mengalir ke seluruh tubub membawa sari-sari makanan dan oksigen. Agar sirkulasi darah di dalam tubuh tetap lancar, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang baik dan bernutrisi. Nah berikut adalah daftar makanan untuk melancarkan peredaran darah yang dapat Anda coba.

Inilah makanan yang dapat melancarkan sirkulasi darah

Aneka buah merah

Kandungan likopen yang terkandung dalam buah merah sangat baik untuk melencarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Buah merah juga sangat beraneka ragam. Tentu saja hal ini tidak dapat membuat Anda bosan ketika mengonsumsinya, beberapa makanan yang termasuk buah merah antara lain: buat bit, apel merah, tomat, semangka dan lainnya.

Buah jeruk

Tentu saja buah yang satu ini tidak asing lagi bagi setiap orang. Rasanya yang asam manis membuat buah jeruk disukai hampir semua orang. Selain dapat membantu mengatasi sariawan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah jeruk juga juga dapat mencegah penggumpalan darah, mencegah plak pada arteri serta dapat menguatkan dinding kapiler.

Jahe

Makanan untuk melancarkan peredaran darah selanjutnya adalah jahe. Tanaman herbal yang satu ini seringkali digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Namun selain itu, mengonsumsi minuman jahe secara rutin juga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Cara kerja dari  jahe sendiri adalah dengan menstimulasi hormon adrenalin dan melebarkan pembuluh darah. Sehingga dapat mempercepat aliran darah dan meringankan fungsi jantung.

Cokelat hitam

Hampir setiap orang pasti sangat menyukai cokelat. Selain enak, cokelat juga kaya akan manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan. Jenis cokelat yang dapat Anda konsumsi adalah cokelat hitam. Cokelat hitam kaya akan thobromine dan flavonoid. Kedua zat tersebut sangat ampuh untuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah stres. Tak hanya itu saja, cokelat hitam juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D dan vitamin E.

Ikan salmon dan tuna

Berikutnya adalah dengan mengonsumsi ikan salmon dan tuna. Ikan salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega 3 yang memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, asam lemak omega 3 juga memiliki manfaat lainnya, seperti  menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah penyakit alzheimer, menurunkan kadar kolesterol dan juga sangat  baik untuk wanita hamil.

Itulah beberapa daftar makanan untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Baca juga  waspadai penyakit sistem peredarah darah berikut ini.

Loading...