Daftar Makanan Penurun Kolesterol Tinggi dengan Cepat

By Categories : Kesehatan

Makanan penurun kolesterol tinggi penting untuk Anda ketahui agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga. Bagi sebagian orang kata kolesterol merupakan momok yang harus dihindari. Kolesterol adalah senyawa kompleks yang dihasilkan tubuh di dalam hati. Kolesteerol terdiri dari dua macam, yakni LDL dan HDL.

LDL atau low density lipprotein merupakan kolesterol jahat yang cukup berbahaya untuk tubuh dan perlu Anda hindari. Sedangkan HDL atau high density lipoprotein merupakan kolesterol yang mampu mencegah kolesterol jahat yang mengendap dan dapat merugikan tubuh. Kolesterol jahat dapat menyebabkan terjadinya aterosklerosis, yakni pengapuran serta pengerasan dinding pembuluh darah. Pengerasan pembuluh darah terutama pembuluh darah koroner dapat menyebabkan penyempitan serta menghalangi aliran darah yang ada di dalamnya. Jika ini dibiarkan maka akan meningkat risiko penyakit jantung koroner.

Namun di sisi lain, kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dinding sel dan membuat hormon. Kolesterol juga salah satu komponen penting yang membuat asam empedu, vitamin D, dan hormon steroid. Kolesterol normal setiap orang adalah <200 mg , yakni <100 mg untuk kolesterol jahat, dan HD adalah >50 mg. Seseorang memiliki kolesterol di atas batas tersebut sebaiknya mengonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi agar kondisi tetap terjaga.

kacang almond

Kolesterol tinggi biasanya disebabkan karena lemak jenuh yang sumbernya dapat mudah ditemukan dari produk makanan pada protein hewani seperti daging, keju, mentega, dan susu. Lemak jenuh juga dapat ditemukan pada protein nabati seperti santan, minyak kelapa, dan lemak nabati.

Daftar Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Jika Anda merasakan gejala kolesterol tinggi sebaiknya segera melakukan tes darah untuk mengetahui kolesterol Anda benar-benar naik atau tidak. Jika kolesterol Anda memang meningkat maka segera mengambil tindakan agar kadarnya kembali normal. Salah satu cara praktis untuk mengembalikan kolesterol agar kembali stabil adalah dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Berikut beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi.

Oatmeal

Makanan pertama yang dapat Anda konsumsi adalah oatmeal. Oatmeal mengandung serat larut yang mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain oatmeal, serat larut juga dapat Anda temukan pada kacang merah, atau buah seperti apel, pisang, dan buah prune. Cara kerja serat larut dari bahan makanan tersebut adalah mengurangi kolesterol ke dalam aliran darah, sehingga tidak menumpuk pada pembuluh darah.

baca juga : pantangan makanan bagi penderita kolesterol tinggi

Anggur Merah

Makanan penurun kolesterol tinggi berikutnya adalah anggur merah. Buah yang satu ini sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dari study yang dilakukan di Universidad Computense de Madrid oleh The Department of Metaolism and Nutrition, Spanyol. Mereka mengungkapkan jika terjadi penurunan kadar kolesterol jahat sebesar 9-12% untuk orang yang mengonsumsi anggur merah.

Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. Jenis ikan yang dapat Anda konsumsi adalah ikan tuna, ikan salmon, ikan kembug, dan sarden. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, asam lemak omega 3 jugad apat menjaga kesehatan jantung serta menurunkan risiko pembekuan darah dan risiko kematian mendadak akibat serangan jantung.

Kacang Almond

Selanjutnya adalah kacang almond. Jenis kacang-kacangan ini mampu menurunkan kolestrol tinggi karena mengandung asam lemak tak jenuh ganda. Kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Selain kacang almond Anda juga dapat mengonsumsi kacang kenari. Agar mendapatkan hasil terbaik maka Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan yang telah dicampur gula ataupun garam.

makanan penurun kolesterol tinggi1

Tah Hitam

Selain berguna untuk mencegah kanker, teh hitam juga dipercaya sebagai salah satu makanan penurun kolesterol tinggi yang cukup ampuh. Menurut penelitian uang dilakukan di USDA, teh hitam mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 10% dalam waktu 3 minggu.

Alpukat

Buah yang satu ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Buah alpukat mengandung beta sitosterol, yaitu lemak nabati yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Namun Anda disarankan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi buah alpukat karena kandungan kolesterol yang cukup tinggi di dalamnya.

Buah Zaitun

Buah ini mengandung antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh namun tidak mengurangi kolesterol baik dalam tubuh. Buah zaitun juga merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Mediterania. Selain buahnya, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal serta vitamin E. Kandungan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

baca juga : tanda tanda kolesterol tinggi di dalam tubuh

Itulah beberapa makanan penurun kolesterol tinggi dengan cepat yang perlu Anda ketahui.