Daftar Makanan Khas Papua Paling Terkenal

By Categories : Makanan

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian paling timur di Indonesa. Selain terkenal dengan keindahan pesona wisata Raja Ampat dan keindahan alamnya, Papua juga memiliki beberapa makanan khas yang dapat membuat orang ketagihan setelah memakannya. Setelah puas mengunjungi tempat wisata yang ada di sana, tak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Papua. Bagi Anda yang bingung, berikut adalah beberapa rekomendasi makanan khas dari Papua yang dapat Anda coba.

Rekomendasi makanan khas Papua paling terkenal yang dapat dicoba

Papeda

Yang pertama adalah Papeda. Papeda merupakan salah satu makanan khas Indonesia Timur, salah satunya yaitu papua. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar sagu dan kemudian dimasak hingga menyerupai bubur, memiliki warna putih dan bertekstur lengker. Rasa asli dari makanan yang satu ini adalah hambar. Sehingga dibutuhkan makanan lainnya untuk menikmati papeda. Orang Papua biasanya mengonsumsi papeda bersama dengan ikan tongkol ataupun mubara yang dimasak bumbu kuning dengan menggunakan kunyit.

Udang selingkuh

Yang kedua adalah udang selingkuh. Nama udang selingkuh sendiri bukan tanpa alasan. Makanan yang satu ini diberi nama udang selingkuh karena udang ini memiliki tubuh seperti udang namun memiliki capit seperti kepiting. Udang ini cukup terkenal di daerah Wamena, Papua Barat. Udang ini pun dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, mulai dari dibakar, direbus hingga di goreng. Sehingga ketika Anda berkunjung ke kota Wamena, cobalah untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Ikan Bakar Manokwari

Makanan khas Papua selanjutnya adalah ikan bakar Manokawari.  Sama seperti namanya, ikan bakar ini berasal dari wilayah Manokwari, Papua Barat. Jenis ikan yang biasa dibakar adalah ikan tongkol. Bagi Anda penyuka pedas, cobalah untuk mencicipi makanan yang satu ini ketika sedang berkunjung ke Manokwari, Papua Barat.

Sate ulat sagu

Bagi kita yang tidak terbiasa, hanya mendengar namanya saja dapat membuat mual dan muntah. Namun tahukah Anda makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan favorit yang sering dikonsumsi oleh masyarakat asli Papua yang hidup di pedalaman. Ulat sagu dapat ditemukan di batang pohon sagu yang sudah tua. Saat ini juga telah banyak cara untuk menikmati ulat sagu, salah satunya yaitu dengan cara dibakar seperti sate.

Martabak sagu

Martabak yang berasal dari Kabupaten Fakfak ini berbeda dengan jenis martabak yang sering kita temui. Yang membedakan martabak ini dari lainnya adalah bahan pokoknya, martabak ini memiliki bahan dasar sagu yang dihaluskan dan kemudian digoreng lau diberi gula merah. Rasa dari makanan ini pun sangat khas dan enak.

Nah itulah beberapa makanan khas Papua yang paling terkenal dan enak yang dapat Anda coba.

terms: nama makanan khas papua, papeda