Daftar Foto Paling Mahal di Dunia

By Categories : Umum

Fotografi merupakan salah satu cabang kesenian yang sampai saat ini semakin banyak orang menyukai hobi tersebut. Berasal dari hobi dapat menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan. Seorang fotografer professional mencari objek-objek unik yang bisa dijadikan sebagai karya seni yang bernilai tinggi. Pada dasarnya fotografi dibedakan menjadi dua yakni landscape untuk pemandangan alam, serta modelling yang cenderung menggunakan model sebagai objek. Namun pernahkan Anda mendengar bahwa sebuah karya foto dijual dengan harga yang sangat tinggi. Bahkan harga-harga tersebut jika dipikirkan kurang masuk akal. Foto tersebut memiliki nilai harga jual tinggi dikarenakan unsur seni tinggi di dalamnya. Penasaran apa saja foto yang memiliki harga selangit?

Berikut Daftar Foto Paling Mahal di Dunia

Berikut Daftar Foto Paling Mahal di Dunia

  • Rhein II oleh Andreas Gursky 1999

Foto termahal pertama dengan nama Rhein II merupakan karya dari seorang fotografer Andreas Gursky pada tahun 1999 lalu. Foto Rhein II memiliki ukuran cetak 350 xm x 200 cm dengan sedikit sentuhan digital untuk menghilangkan beberapa objek yang ada. Rhein II berhasil terjual dengan harga yang sangat fantastis yakni mencapai US$ 4.338.500. Tak terbayang bukan jika dirupiahkan mencapai angka berapa. Yang pasti foto ini memiliki karya seni yang tinggi, sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

  • Untitled #96

Foto Untitled #96 merupakan sebuah karya foto oleh Cindy Sherman pada tahun 1981. Foto ini menggambarkan seorang gadis yang telentang di atas lantai yang memegang sebuah kertas yang disobek. Berkat memiliki seni tinggi, Untitled #96 dijual pada bulan Mei tahun 2011 lalu mencapai $3.890.500. Dengan harga tersebut membuat foto ini menjadi yang kedua setelah foto di atas. Foto ini penuh dengan imajinasi dan seni tinggi.

  • 99 Cent II

Foto Paling Mahal Berikutnya adalah 99 Cent II oleh seorang fotografer sama dengan Rhein II yakni Andreas Gursky. Foto 99 Cent II dihasilkan pada tahun 2001 lalu dan berhasil dijual pada bulan Februari tahun 2007 lalu dengan harga mencapai $3.346.456, pada bulan November 2006 cetakan kedua dijual dengan harga $2.48 juta, sedangkan cetakan ketiga pada Mei 2006 dijual dengan harga $2.25 juta, jika dijumlahkan mencapai $8.07 juta. Foto ini menggambarkan sebuah suasana pada pasar dengan menonjolkan beberapa warna sehingga terlihat menarik.

  • Dead Troops Talk

Foto termahal berikutnya adalah Dead Troops Talk yang merupakan karya dari Jeff Wall pada tahun 1992 lalu. Foto Dead Troops Talk menggambarkan sebuah mayat prajurit yang seolah-olah seperti sedang berbicara. Dead Troops Talk berhasil terjual pada bulan Mei tahun 2012 lalu mencapai harga $3.666.500. Tak heran jika foto ini masuk ke dalam salah satu daftar foto termahal di dunia.

Nah itulah tadi beberapa foto dengan harga mencapai jutaan dollar Amerika. Foto lainnya yang memilii harga tinggi seperti The Pond-Moonlight oleh Edward Steichen pada tahun 1904 yang terjual pada bulan Februari 2006 lalu dengan harga mencapai $2.928.000.

Loading...