Daftar Alat Musik Tradisional dari Jawa Timur

By Categories : Umum

Jika berbicara tentang alat musik tradisional, setiap daerah di Indonesia tentu saja memiliki berbagai macam alat musik dengan ciri khas yang berbeda-beda. Umumnya alat-alat musik tersebut digunakan untuk mengiringi sebuah kesenian yang sedang berkembang di daerah tersebut. Di Jawa Timur sendiri salah satu kesenian yang masih berkembang adalah Reog Ponorogo, Ludruk dan masih banyak lagi.

Alat Musik Tradisional dari Jawa Timur

Sebagai masyarakat Indonesia, tidak ada salahnya mengetahui berbagai macam alat musik dari berbagai macam daerah, salah satunya yaitu di Jawa Timur. Nah berikut adalah daftar alat musik tradisional dari Jawa Timur.

Inilah alat musik tradisional khas Jawa Timur

Angkung Reog

Umumnya, angklung merupakan salah satu alat musik tradisional dari Jawa barat. Namun tak hanya Jawa Barat saja, di Jawa Timur juga memiliki alat musik yang satu ini. Yang membedakan angklung ini dengan angklung khas Jawa Barat adalah adanya lengkungan di bagian atas dan angklung dari Jawa Timur ini dihiasi oleh berbagai macam aksesoris warna-warni yang memiliki warna senada dengan pakaian para penari Reog Ponorogo.

Terompet Reog

Seperti yang Anda ketahui Reog merupakan salah satu kesenian tradisional Indonesia dari Jawa timur yang saat ini masih kental di masayarakat Ponorogo. Kesenian ini sendiri biasanya dimainkan oleh 20 hingga 30 orang dengan menggunakan alat musik, salah satunya yaitu Terompet Reog. Sama seperti Angklung Reog, Terompet Reog juga memiliki ciri khas. Ciri khas dari alat musik yang satu ini adalah memiliki ukuran yang besar diujung bawah dan mengerucut, di bagian yang ditiup terdapat sekat yang terbuat dari tempurung kelapa.

Saronen

Selanjutnya adalah saronen. Selain merupakan nama alat musik, Saronen juga merupakan kesenian yang berasal dari Madura Jawa Timur. Kesenian ini dimainkan dengan 9 jenis alat musik dari Jawa Timur, seperti saronen, kempul, kenong, korca, gendang dan masih banyak lagi. Saronen sendiri adalah alat musik yang ditiup yang berbentuk kerucut. Pada pangkal atas musik tersebut terdapat sebuah sayap yang menyerupai kumis. Biasanya alat musik dan kesenian dari Jawa Timur ini dipertunjukkan untuk acara-acara seperti, resepsesi pernikahan, upacara adat, lomba karapan sapi, kuda serek dan lainnya.

Bonang

Jika dilihat dari bentuknya, Bonang hampir sama seperti Gamelan, alat musik tradisional Jawa Tengah. Namun yang membedakan adalah Bonang mirip dengan cerak atau pot. Kenunikan dari Bonang sendiri adalah memiliki poros yang cembung pada bagian tengahnya sebagai pusat untuk dipukul. Bonang juga biasa dimainkan dengan gamelan khas Jawa Timur pada suatu acara-acara. Bonang merupakan alat musik yang sangat terkenal dan populer di daerah pedesaan hingga perkotaan di Jawa Timur.

Nah itulah beberapa daftar alat musik tradisional dari Jawa Timur yang perlu diketahui.

Loading...
terms: alat musik tradisional jawa timur, alat musik jawa timur, alat musik dari jawa timur, alat musik daerah jawa timur, 10 alat musik tradisional jawa timur, alat musik tradisional dari jawa timur, sebutkan macam-macam alt musik jawa timur, alat musik tradisional jawa timur dan cara memainkannya, alat musik tradisional jawa timur ada berapa, alat musik tradisional daerah jawa timur, alat musik khas jawa timur, alat musik jawa timur beserta keterangan