Ciri-Ciri Tekanan Darah Tinggi

By Categories : Kesehatan

Sebelumnya kita sudah membehas tentang tips menurunkan tekanan darah tinggi. Kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri-ciri tekanan darah tinggi. Yuk langsung saja simak artikel berikut ini!

Seperti yang Anda ketahui bahwa tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena cara dan juga pola hidup kita. Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah obesitas atau berat badan yang berlebih. Tak hanya itu, ada juga faktor lain seperti faktor genetik atau keturunan, merokok. Jika dibiarkan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis misalnya gagal jantung, stroke dam juga gagal ginjal.

Lantas apa saja ciri-cirinya? Kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri-ciri tekanan darah tinggi.  Berikut penjelasannya!

Hubungan-Sakit-Kepala-dan-Hipertensi

Ciri-ciri tekanan darah tinggi

Sakit kepala

Ciri-ciri utama pada penderita tekanan darah tinggi adalah mengalami sakit kepala atau pusing. Maka dari itu jangan pernah menyepelekan sakit kepala yang sering menyerang Anda. Bisa saja hal tersebut merupakan ciri awal dari tekanan darah tinggi.  Seseorang  yang menderita sakit kepala karena hipertensi biasanya berlokasi di belakang kelapa (occiput)

Pendarahan dari hidung atau mimisan

Ciri yang kedua adalah sering mengalami mimisan. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang menderita hipetensi dan kemudian Anda mengalami mimisan yang terlalu sering sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar lebih ditangani lebih lanjut.

Mati rasa

Ciri selanjutnya adalah mati rasa. Seperti yang Anda ketahui seseorang yang mengabaikan penyakit ini akan beriseko terkena penyakit kronis lainnya seperti stroke. Kesemutan atau mati rasa merupakan salah satu tanda penyakit  stroke. Karena hipertensi berpotensi dapat merusak jaringan syaraf pada tubuh.

Mual dan muntah

Mual muntah adalah ciri yang paling sering dialami oleh seseorang yang sedang sakit. Namun bagi penderita hipertensi ciri mual dan muntah ini agak sedikit berbeda. gejala mual dan muntah sering diikuti dengan napas yang terengah-engah, capek dan pandangan menjadi kabur tidak jelas.

Nah itulah beberapa ciri-ciri tekanan darah tinggi. Selain itu seseorang yang menderita hipertensi juga sering mengalami jantung berdebar-bedar, sering buang air kecil, vertigo, wajah memerah, telinga berdengung. Untuk memastikan ciri-ciri tersebut sebaiknya Anda sering memeriksakan diri untuk mengontrol tekanan darah Anda. Agar terhindar dari penyakit ini, mulailah untuk menjaga pola hidup dan rutin berolahraga. Semoga bermanfaat :)

Baca juga makanan untuk penderita tekanan darah tinggi.